HONDA

Gagalkan Upaya Penyelundupan TSL Langka, Tim Karantina Bengkulu Sukses Amankan Burung Betet Enggano

Gagalkan Upaya Penyelundupan TSL Langka, Tim Karantina Bengkulu Sukses Amankan Burung Betet Enggano

Tim Karantina Bengkulu sukses amankan Burung Betet Enggano, gagalkan upaya penyelundupan TSL langka.--Desti/rakyatbengkulu.com

Kepala Balai Karantina Bengkulu, Aris Hadiyono, mengapresiasi kerja tim pengawasan. Upaya penegakan hukum perlu dilakukan secara bersama-sama untuk melindungi sumber daya alam hayati.

BACA JUGA:Program KUR Mandiri Limit hingga Rp100 Juta, Bisa untuk Modal Usaha Kuliner Ibu Rumah Tangga

"Saat ini Karantina sudah menjadi lembaga negara yang memiliki 12 tugas yang cukup besar, Pengawasan TSL (langka) adalah salah satu tugas yang diamanahkan kepada kita," ujar Aris.

Serah terima dilakukan di kantor Balai KHIT Bengkulu, disaksikan oleh petugas Polisi Kehutanan (Polhut) Penyelia BKSDA Bengkulu, Sugita, dan pejabat fungsional BKSDA.

Burung Betet selanjutnya akan ditempatkan di bawah pengawasan dan perawatan BKSDA hingga dilepasliarkan kembali ke habitatnya.

Keberhasilan penggagalan penyelundupan ini merupakan hasil kerja sama semua entitas terkait di pelabuhan laut Pulau Baai.

BACA JUGA:Destinasi Terpopuler di Sumatera! 20 Destinasi Wisata Menakjubkan di Lampung

Ini merupakan penahanan ketiga setelah sebelumnya pada Juli dan September 2023, tim berhasil mengamankan tiga ekor burung Betet dari lokasi berbeda saat pengawasan bersama Dermaga Pelindo dan Dermaga ASDP.

Perlu dicatat bahwa Burung Betet Ekor Panjang, sebagai satwa endemik pulau Enggano, menghadapi ancaman kepunahan akibat peburuan untuk dijadikan hewan peliharaan.

Masyarakat diingatkan untuk ikut berperan aktif dalam menjaga kelestariannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: