BANNER KPU
HONDA

6 Manfaat Sinar Matahari Pagi untuk Kesehatan, Ini Waktu yang Tepat dan Cara Berjemur yang Benar

6 Manfaat Sinar Matahari Pagi untuk Kesehatan, Ini Waktu yang Tepat dan Cara Berjemur yang Benar

Ini waktu yang tepat dan cara berjemur yang benar, serta 6 manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan.--Ilustrasi freepik.com/lookstudio

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Banyak orang yang sering mengeluhkan saat terpapar sinar matahari. Padahal sinar matahari punya banyak manfaat bagi kesehatan. Terutama sinar matahari pagi.

Ada 6 manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan. Lantas kapan waktu yang tepat dan bagaimana cara berjemur yang benar? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga tuntas.

Sinar matahari pagi, atau sinar matahari saat matahari baru terbit, cenderung kaya akan sinar ultraviolet B (UVB).

Paparan sinar UVB ini pada kulit dapat merangsang produksi vitamin D, yang esensial untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Berjemur Pagi Hari, Bisa Tingkatkan Stimulasi Mental, Peningkatan Warna Bulu

Selain itu, sinar matahari pagi dapat memberikan energi positif dan meningkatkan suasana hati. 

Sinar matahari pagi bisa memberikan beragam manfaat untuk kesehatan, matahari di pagi hari dapat meningkatkan produksi Vitamin D dalam tubuh yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi hingga meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit.

Berikut 6 manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan dikutip rakyatbengkulu.com dari alodokter.com, Rabu, 7 Februari 2024:

BACA JUGA:Lima Kebiasaan Pagi Hari yang Bisa Menurunkan Berat Badan, Minum Air Hangat dan Berjemur

1. Meningkatkan Produksi Vitamin D

Paparan sinar matahari pagi adalah cara alami untuk meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh. Vitamin D penting untuk kesehatan tulang, sistem kekebalan, dan menjaga keseimbangan kalsium dalam tubuh.

Pastikan untuk mendapatkan paparan matahari yang cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D kita.

Tak hanya itu, sinar matahari di pagi hari tidak hanya mencukupi kebutuhan vitamin D saja tetapi juga dapat mencegah beragam penyakit, seperti rakitis, osteoporosis, tekanan darah tinggi, dan diabetes tipe 2.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: