HONDA

Kenali Standarisasi Helm Saat Berkendara, Material Harus Penuhi 3 Ketentuan Ini

Kenali Standarisasi Helm Saat Berkendara, Material Harus Penuhi 3 Ketentuan Ini

Material harus penuhi 3 ketentuan ini, kenali standarisasi helm saat berkendara.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COMHelm merupakan hal yang paling penting demi menjaga keselamatan dan salah satu perlengkapan yang harus digunakan ketika sedang berkendara.

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak sekali jenis-jenis helm yang dipasarkan dan tentunya ada helm yang sesuai dengan standarisasi SNI (Standar Nasional Indonesia) dan ada juga yang belum sesuai dengan standar SNI. 

Guna melakukan standarisasi, maka Badan Standarisasi Nasional (BSN) telah memiliki acuan sendiri melalui Standar Nasional Indonesia.

Hal ini tertuang dalam ketentuan SNI 1811-2007, dan amandemennya, yakni SNI 1811-2007/Amd:2010, tentang Helm Pengendara Kendaran Roda Dua.

BACA JUGA:WOW! Ini Kehebatan All New Honda Genio 2024, Kombinasi Inovasi dan Elegansi di Setiap Detailnya

Adapun penetapan standarisasi tersebut bertujuan untuk menjamin mutu helm yang beredar di pasaran. Mulai dari segi konstruksi helm, meterial, dan mutunya, yang berlaku untuk jenis helm open face atau full face.

Terkait syarat mutu, material helm harus memenuhi tiga ketentuan, yakni :

1. Dibuat dari bahan yang kuat dan bukan logam, tidak berubah jika ditempatkan di ruang terbuka pada suhu 0 derajat Celsius sampai 55 derajat Celsius selama paling sedikit 4 jam dan tidak terpengaruh oleh radiasi ultra violet.

Serta harus tahan dari akibat pengaruh bensin, minyak, sabun, air, deterjen dan pembersih lainnya. Konstruksi helm SNI.

BACA JUGA:Makin Sporty! Ini Spesifikasi Lengkap Sepeda Motor Honda Vario 125 Terbaru 2024

2. Bahan pelengkap helm harus tahan lapuk, tahan air dan tidak dapat terpengaruh oleh perubahan suhu.

3. Bahan-bahan yang bersentuhan dengan tubuh tidak boleh terbuat dari bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau penyakit pada kulit.

Serta tidak mengurangi kekuatan terhadap benturan maupun perubahan fisik sebagai akibat dari bersentuhan langsung dengan keringat, minyak dan lemak si pemakai.

Informasi di atas merupakan standarisasi yang wajib pada helm SNI saat kamu memilih helm, namun jangan sampai ketinggalan info penting, bahwa ada penetapan standarisasi kontruksi pada helm yang wajib kita ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: