HONDA

Tingkatkan Pendapatan Daerah, Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Gelar Kunker

Tingkatkan Pendapatan Daerah, Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Gelar Kunker

Tingkatkan Pendapatan Daerah, Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Gelar Kunker--Dok/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu melakukan kunjungan kerja ke kantor Samsat Kota Depok.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman tentang hak keuangan daerah dan peraturan terkait pajak serta retribusi daerah.

Kunjungan kerja ini sebagai upaya untuk merumuskan langkah-langkah strategis guna meningkatkan pendapatan daerah setelah penetapan hak keuangan daerah dan penerapan peraturan daerah yang baru berlaku sejak Januari 2024.

Menurut Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring, kunjungan bertujuan untuk mencari formulasi baru dalam meningkatkan pendapatan daerah, khususnya terkait pajak daerah, retribusi daerah, dan hak otonomi keuangan.

BACA JUGA:Bersinergi dengan KDEKS, DPRD Provinsi Bengkulu Dukung Konsep Wisata Halal di Bengkulu

"Dalam kunjungan ini kita ingin mencari formula yang tepat guna meningkatkan pendapatan daerah. mengingat hal ini sangat penting dalam pembangunan dan kemajuan Bengkulu," ujarnya.

Salah satu aspek yang dibahas adalah mengenai pajak alat berat yang dimiliki oleh perusahaan tambang batu bara, perusahaan perkebunan serta kontraktor yang menggunakan alat berat. 

Dalam hal ini Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu tertarik untuk mengetahui siapa yang memiliki alat berat, siapa yang menguasainya, apakah pajak sudah dibayar atau belum, serta bagaimana pemerintah daerah dapat mendorong investasi dalam penggunaan alat berat di Bengkulu.

"Kami merekomendasikan kepada BPKAD untuk melakukan pemisahan antara badan pengelolaan keuangan dan aset dengan badan pendapatan daerah," ucap Usin.

BACA JUGA:Perusakan Hutan, DPRD Provinsi Bengkulu Minta Pemerintah Perlu Lakukan Tindakan Tegas

Menurutnya hal ini memungkinkan fokus yang lebih baik dalam meningkatkan pendapatan daerah serta mempercepat proses pembangunan daerah Provinsi Bengkulu .

"Dalam dua bulan ini, kami akan fokus mempelajari dan melakukan studi tiru di daerah-daerah mana yang berhasil meningkatkan pendapatan daerah," sambungnya.

Usin menegaskan bahwa Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu berkomitmen dalam menghadirkan solusi konkret untuk kesejahteraan masyarakat Bengkulu melalui peningkatan pendapatan daerah.(Advertorial)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: