HONDA

Rojok Sayak Hingga Pawai Kendaraan Hias, Berikut 5 Tradisi Unik dan Seru Malam Takbiran

Rojok Sayak Hingga Pawai Kendaraan Hias, Berikut 5 Tradisi Unik dan Seru Malam Takbiran

Rojok Sayak Hingga Pawai Kendaraan Hias, Berikut 5 Tradisi Unik dan Seru Malam Takbiran--Instagram.com/salmaa_1946//

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM – Menyambut Hari Raya Idul Fitri kurang lengkap rasanya jika tidak merayakan dengan malam takbiran. Tradisi malam Takbiran sudah menjadi rutinitas tahunan setiap malam 1 Syawal yang tidak boleh dilewatkan.

Meski sebenarnya beberapa daerah hanya melakukan takbiran di masjid saja, ternyata masih ada lho beragam tradisi takbiran di berbagai daerah Indonesia untuk menyambut lebaran. 

Tradisi yang berbeda-beda inilah yang kemudian menjadikan malam Takbiran di Indonesia sangat menarik dan ditunggu-tunggu setiap tahunnya.

BACA JUGA:Hukum Taraweh dan Tradisi Pada Malam Takbiran, Berikut 6 Kegiatan Malam Jelang Idul Fitri

Pasalnya, ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk merayakan kemenangan setelah berpuasa satu bulan penuh selama Ramadhan. 

Penasaran tradisi malam takbiran yang asik dan unik apa aja? Yuk, simak beragam tradisi asik dan unik pada malam takbiran di berbagai daerah di Indonesia.

 

1. Bengkulu – Rojok Sayak

Masyarakat Muslim Bengkulu menjelang perayaan malam Takbiran melakukan tradisi Ronjok Sayak atau bakar gunung api.

BACA JUGA:7 Tanda Seseorang Sedang Memanfaatkanmu dan Tidak Peduli

Tradisi malam Takbiran ini dilakukan oleh Suku Serawai dengan cara meletakkan batok kelapa sedemikian rupa hingga menjulang seperti gunung di depan rumah masing-masing, kemudian batok tersebut akan dibakar.

Masyarakat setempat percaya bahwa tumpukan kelapa yang disusun dan dibakar merupakan tanda ucapan syukur kepada Tuhan serta sarana mengirimkan doa kepada arwah keluarga yang telah lebih dulu meninggal dunia.

Setelah dibakar, masyarakat setempat mengirimkan makanan kepada tetangga dan warga sekitar dan kerabat terdekat. Ronjok Sayak bertujuan sebagai bentuk kegembiraan atas datangnya hari raya Idul Fitri.

BACA JUGA:Libur Panjang Lebaran, Tips XL Axiata Agar Pelanggan 'Lancar Jaya' Internetan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"