HONDA

Rojok Sayak Hingga Pawai Kendaraan Hias, Berikut 5 Tradisi Unik dan Seru Malam Takbiran

Rojok Sayak Hingga Pawai Kendaraan Hias, Berikut 5 Tradisi Unik dan Seru Malam Takbiran

Rojok Sayak Hingga Pawai Kendaraan Hias, Berikut 5 Tradisi Unik dan Seru Malam Takbiran--Instagram.com/salmaa_1946//

Masyarakat Gorontalo mempunyai tradisi malam takbiran unik yang disebut Tumbilotohe. Tradisi ini mempunyai arti “saatnya memasang lampu”. Warga biasanya memasang lampu minyak yang jumlahnya bisa mencapai ribuan.

Pemasangan lampu minyak dilakukan di berbagai area. Yang unik dari tradisi ini adalah lampu minyak ini disusun dalam berbagai bentuk agar terlihat indah dan menerangi desa.

BACA JUGA:Babe Cabita Meninggal Dunia Idap Anemia Aplastik, Berikut Penjelasan Penyakit Langka Tersebut

 

5. Sumatera Utara – Pawai Kendaraan Hias

Di Sumatera Utara juga terdapat tradisi malam takbiran yakni pawai kendaraan hias. Biasanya, tradisi ini diadakan oleh pemerintah kota setempat dan para peserta berasal dari pengurus masjid di Sumatera Utara, perwakilan kelurahan maupun desa.

Kendaraan yang ingin mengikuti konvoi juga harus didaftarkan terlebih dahulu. Setelah itu kendaraan dihias semenarik dan seheboh mungkin serta dilengkapi dengan dekorasi khas Idul Fitri.

Kemudia, kendaraan yang dihias ini akan diarak keliling kota. Tradisi ini setiap tahunnya menarik perhatian masyarakat pada malam takbiran di Sumatera Utara.

BACA JUGA:3 Resep Kue Bolu Sederhana yang Lembut dan Nikmat, Cocok untuk Hari Lebaranā 

Itulah tadi beberapa tradisi malam takbiran yang unik dan seru dari berbagai daerah di Indonesia. Selain sebagai simbol kebahagiaan dan kegembiraan, tradisi-tradisi di atas juga harus dilestarikan sebagai bagian dari kebudayaan bangsa.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: