HONDA

Simak 8 Tips Mengontrol Hipertensi, Akibat Faktor Genetik dan Gaya Hidup, Merusak Pembuluh Darah

Simak 8 Tips Mengontrol Hipertensi, Akibat Faktor Genetik dan Gaya Hidup, Merusak Pembuluh Darah

Simak 8 Tips Mengontrol Hipertensi, Akibat Faktor Genetik dan Gaya Hidup, Merusak Pembuluh Darah --Ilustrasi/ana mariyohana/bing image creator/rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi medis di mana tekanan darah dalam arteri kamu terus tinggi. 

Kondisi ini bisa menjadi masalah serius karena dapat meningkatkan risiko berbagai komplikasi kesehatan seperti serangan jantung, stroke, gagal ginjal dan masalah kesehatan lainnya.

Penyebab Hipertensi salah satunya faktor genetik dan gaya hidup yang kurangnya aktivitas fisik, kelebihan berat badan, konsumsi alkohol berlebihan.

BACA JUGA:Tabel Rincian Dana Desa 2024 Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara: Ini Lengkapnya

Selain itu, merokok dan pola makan tinggi garam serta lemak hingga menyebabkan hipertensi. Pola makan dan pola hidup tidak sehat kini menjadi penyebab hipertensi yang dialami banyak kamum milenial.

Tekanan darah normal adalah kurang dari 120/80 mmHg. Hipertensi adalah tekanan darah 140/90 mmHg atau lebih tinggi saat diukur pada dua atau lebih kunjungan ke dokter.

Hipertensi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan organ-organ tubuh.

BACA JUGA:Chandrika Chika Tertangkap Kepolisian di Hotel, Ini Pasalnya

Sehingga meningkatkan risiko stroke, serangan jantung, gagal ginjal, dan masalah kesehatan lainnya.

Mengontrol hipertensi membutuhkan kombinasi perubahan gaya hidup sehat dan mungkin penggunaan obat-obatan, sesuai dengan arahan dari dokter. Berikut adalah beberapa tips untuk mengontrol hipertensi.

 

1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Kamu bisa mencoba Diet Approaches to Stop Hypertension (DASH). Apa itu diet DASH? Diet DASH adalah pola makan yang direkomendasikan untuk mengontrol hipertensi. 

BACA JUGA:Ingin Memulai Investasi Emas? Ketahui Keuntungan dan Risiko Investasi Emas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: