HONDA

Pestisida Nabati dari Daun Mimba untuk Pengendalian Hama

 Pestisida Nabati dari Daun Mimba untuk Pengendalian Hama

Untuk pengendalian hama manfaatkan pestisida nabati dari daun mimba. --Instagram/direktoratperlindungan_tp

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM -  Berikut ini pestisida nabati dari daun mimba untuk pengendalian hama yang dapat bermanfaat bagi tanaman sehingga dapat membasmi hama tanaman.

Daun mimba sendiri dapat melakukan penyerangan pada organisme pengganggu tumbuhan dengan menyebabkan kerusakan pada tanaman dan kerugian tanaman sehingga menurunkan produksi.

Hama ini dapat menyebabkan gagal panen suatu tanaman mangka dari itu harus dilakukan untuk pembasmian hama agar dapat mengendalikan tanaman dari hama yang menyebabkan kerusakan.

Adapun hama yang dapat dibasmi oleh daun mimba ini dengan jenis ulat, kumbang, lalat, kepik, bakteri, cendawan atau jamur, virus dan penyakit lainnya yang dapat menyerang tanaman.

BACA JUGA:7 Manfaat Buncis untuk Kesehatan, Baik untuk Kesuburan Wanita

Untuk itu perlu dilakukan pemberantasan menggunakan bahan alami dari daun mimba untuk dijadikan pestisida nabati sehingga dapat menghindari dari gagal panen.

Penggunaan pestisida kimia sintetis ini dapat mebahayakan lingkungan sehingga tidak bagus untuk tanaman dan tanah akan merusak lingkungan sekitaranya untuk itu penting pestisida alami.

pestisida nabati ini berbahan alami ektrak dari bagian tanaman baik itu daun, buah, biji atau akarnya untuk difermentasikan dan dicampurkan dengan bahan alami lainnya menjadi pestisida siap pakai.

Biasanya tumbuhan yang mengandung senyawa atau metabolit sekunder yang menyebabkan menimbulkan racun terhadap hama tanaman seperti yang dimiiliki oleh daun mimba untuk pestisida nabati.

BACA JUGA:Wow! Ketahui 6 Manfaat Pisang Kepok untuk Kesehatan, Baik untuk Bumil

Cara membuat pestisida dari daun mimba yakni :

- Daun mimba 400 gram

- Lengkuas 300 gram

- Serai 300 gram 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: