HONDA

4.624 Hewan Penular Rabies di Kabupaten Rejang Lebong Telah Divaksin Selama Tahun 2024

4.624 Hewan Penular Rabies di Kabupaten Rejang Lebong Telah Divaksin Selama Tahun 2024

4.624 Hewan Penular Rabies di Kabupaten Rejang Lebong Telah Divaksin Selama Tahun 2024--foto Distankan Rejang Lebong

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Terhitung sejak Januari sampai dengan Mei 2024, Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong telah melakukan vaksinasi terhadap 4.624 ekor hewan penular rabies di wilayah tersebut.

Disebutkan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Rejang Lebong, Amrul Eby bahwa ada sekitar 30.000 ekor jumlah populasi hewan penular rabies yang tersebar di 15 kecamatan se-Kabupaten Rejang Lebong.

Jumlah populasi hewan penular rabies sebanyak 30.000 ekor tersebut terdiri dari hewan jenis anjing, kucing maupun kera.

"Sepanjang tahun 2024 ini terhitung Januari hingga Mei 2024 kegiatan vaksinasi hewan penular rabies secara massal yang sudah kita laksanakan mencapai 4.624 ekor, baik itu binatang jenis anjing, kucing maupun kera," kata Amrul Eby dikutip Antaranews.com.

BACA JUGA:Cegah Penularan Virus Jembrana Jelang Idul Adha, 500 Dosis Vaksin Disiapkan untuk Ternak Sapi di Kota Bengkulu

Lebih lanjut dikatakan jika 4.624 ekor hewan penular rabies yang sudah diberikan vaksin tersebut tersebar dalam 46 desa/kelurahan di Kabupaten Rejang Lebong.

Adapun rinciannya yakni hewan jenis anjing yang sudah divaksin sebanyak 3.007 ekor, hewan kucing sebanyak 1.608 ekor dan kera atau monyet 9 ekor yang sudah divaksinasi.

Vaksin untuk hewan penular rabies ini dilakukan dalam kegiatan vaksinasi massal yang beberapa waktu lalu sudah dilaksanakan di desa/kelurahan yang memiliki populasi hewan penyebar rabies terbanyak.

Ini dilakukan mengungat stok vaksin yang dimiliki Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong untuk hewan penular rabies masih terbatas.

BACA JUGA:Efek Vaksin Astrazeneca Tengah Viral, Ini Penjelasan Dokter Anto Budi Asih

Selama ini kegiatan vaksinasi untuk hewan penular rabies yang dilaksanakan petugas kesehatan hewan Distankan Kabupaten Rejang Lebong menggunakan vaksin bantuan dari pemerintah pusat (Kementan) sebanyak 5.000 dosis yang diterima awal 2024 lalu.

Meski demikin untuk memunuhi kebutuhan vaksinasi bagi hewan penular rabies pihaknya tetap melakukan pengadaan sebanyak 6.500 dosis baru.

Namun, baru akan dilaksanakan pertengahan tahun nanti lewat  APBD Rejang Lebong tahun 2024.

Kini, tersisa 750 dosis stok vaksin hewan penular rabies yang dimiliki Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: