HONDA

1.272 KK Terdampak Banjir

1.272 KK Terdampak Banjir

Salah satu kawasan di Kelurahan Pasar Bengkulu yang terdampak banjir--

BENGKULU, rakyatbengkulu.disway.id – Hujan deras yang mengguyur Kota Bengkulu dua hari lalu mengakibatkan beberapa titik kelurahan Kota Bengkulu mengalami banjir.

Data terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu terdapat 22 kelurahan yang terdampak banjir dari lima Kecamatan yang ada di Kota Bengkulu.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bengkulu, Will Hopi menerangkan dari lima kecamatan tersebut sudah ada dua kecamatan yang banjirnya sudah surut.

“Ada 2 Kecamatan yang air banjirnya sudah surut yaitu di Kecamatan Selebar dan Kampung Melayu,” terang Will Hopi.

BACA JUGA:Korban Banjir di Kota Bengkulu Turun ke Jalan, Minta Sumbangan Lantaran Belum Tersentuh Perhatian

Untuk total KK yang terdampak banjir sendiri pihaknya menerangkan hingga Jumat (1/7) sudah tercatat 1.727 KK yang terdampak banjir di seluruh Kota Bengkulu.

“Penambahan jumlah penduduk yang terdampak banjir dengan jumlah total seluruh 1.727 KK Terdampak,” ungkap Will Hopi.

Ia menjelaskan kondisi lokasi yang terdampak banjir di sejumlah titik ini mengakibatkan 2 sekolah terendam, ada 6 masjid yang terendam, 2 kantor lurah yang terendam, serta sekitar 50 hektare sawah yang ada di kota Bengkulu terendam.

BACA JUGA:Gerak Cepat PLN, Upayakan Pemulihan Pascabanjir

“Hingga saat ini kita intens melakukan koordinasi, pendataan dan pemetaan lokasi ini,” jelas Will Hopi. Masih Will Hopi, ia mengatakan BPBD Kota Bengkulu bersama OPD terkait siaga membantu evakuasi warga yang terjebak banjir untuk di ungsikan sementara sebelum banjir surut. “Kita juga mendirikan tenda posko, bantuan logistik bahan pangan,” demikian Will Hopi.

Sementara anggota DPRD Kota Bengkulu, Dediyanto menyebutkan bahwa penyebab banjir kali ini karena curah hujan yang cukup tinggi ditambah kerusakan alam di hulu dan sungai Bengkulu ditambah drainase kota Bengkulu yang belum maksimal.

BACA JUGA:5 Kecamatan di Kota Bengkulu Terdampak Banjir, Puluhan Rumah Terendam

“Ini persoalan dari hulu, persoalan hutan kita kemudian di tengah soal sungai kita yang selalu di keruk secara serius sampai ke muara laut, kemudian persoalan drainase sekunder dan tersier yang harus kita maksimalkan kembali,”demikian Dedi.(jam)

 

Lokasi Terdampak Banjir

Kec. Muara Bangkahulu (7 Kelurahan)

Kec. Sungai Serut (6 Kelurahan)

Kec. Ratu Agung (4 Kelurahan)

Kec. Selebar (3 Kelurahan)

Kec. Kampung Melayu (2 Kelurahan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: