HONDA

Pelarian Terduga Pelaku 'Arisan Bunga' Berakhir, Masih Tercatat sebagai Mahasiswi

Pelarian Terduga Pelaku 'Arisan Bunga' Berakhir, Masih Tercatat sebagai Mahasiswi

: Terduga pelaku berinisial Bu dan suaminya saat sampai di Gedung Satreskrim Polres RL. foto: dok rb--

 

CURUP, RAKYATBENGKULU.DISWAY.ID - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Rejang Lebong (RL) akhirnya berhasil mengamankan Bu, terduga pelaku arisan online bodong.

Warga Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang lebong itu, sebelumnya dilaporkan ke Polda Bengkulu dan Polres RL terkait dugaan penipuan atau penggelapan uang berbentuk “Arisan Bunga” serta dugaan investsi bodong.

Dari data terhimpun, Bu berhasil diamankan pagi Senin (4/7) saat baru sampai di rumah mertuanya yang beralamatkan di Desa Teladan Kecamatan Curup Selatan. Bu disebut-sebut sebelumnya sempat kabur keluar kota bersama suami dan anaknya yang baru berusia 3 bulan.

Terlacak, Bu kembali ke Kabupaten RL ke rumah mertuanya. Hal ini langsung tercium Satreskrim Polres RL, sehingga Bu dan suaminya serta anaknya yang berusia 3 bulan langsung dibawa ke Satreskrim Polres RL.

BACA JUGA: Arisan Bunga Masih Ditangani Polres RL

Kapolres RL AKBP Tonny Kurniawan, S.IK melalui Kasat Reskrim AKP Sampson Hutapea, S.IK yang dikonfirmasi RB kemarin belum mau memberikan banyak keterangan. Namun dirinya membenarkan bahwa Bu sudah berhasil mereka amankan dan hingga kemarin masih dilakukan pemeriksaan oleh penyidik.

‘’Benar, pelaku (Bu, red) sudah berhasil kita amankan dan statusnya masih sebagai saksi, karena ini perlu pendalaman lebih lanjut. Dan terduga pelaku masih dilaksanakan pemeriksaan lebih dalam lagi. Ya sementara baru si perempuan ini yang sebagai terduga pelaku tapi masih kita kembangkan,’’ kata Sampson.

Selain itu, Sampson juga mengakui kalau saat ini terduga pelaku Bu diketahui masih berstatus seorang mahasiswi di salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Kabupaten RL. ‘’Iya, mahasiswi. Untuk laporan masih terus kita tampung, namun nanti jadi satu, atau tidak semua korban yang nantinya dicantumkan dalam pelaporan nanti,’’ ucap Sampson.

BACA JUGA: Gaji 13 Sudah, Tunjangan Menyusul

Status sebagai mahasiswi tersebut juga diperkuat oleh keterangan beberapa korban yang kebetulan juga mahasiswi dan berada di Gedung Satreskrim Polres RL. ‘’Iyo bang, mahasiswi dio tuh statusnyo, tapi lah semester akhir, tinggal skripsi lagi,’’ ujar perempuan muda yang langsung menjauh saat ditanyai namanya.

Diwartakan sebelumnya, Jumlah korban kasus penipuan Arisan Bunga di Kabupaten Rejang Lebong, sudah lebih dari 200 orang dengan kerugian Rp 4 miliar. Domisili korbannya pun bermacam - macam.

Ada yang dari Kota Bengkulu, Rejang Lebong, Seluma, Benteng, Jambi, Palembang, Empat Lawang, Jakarta, Kupang, Lombok, Padang hingga mancanegara. Diantaranya, Hongkong dan Malaysia.

BACA JUGA: 11 Ribu Data Calon Penerima KIS Tak Valid

Salah seorang korban Arisan Bunga yang tinggal di Malaysia berinisial Yu (23). Kepada RB Sabtu (2/7), Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Kepahiang ini mengaku mengalami kerugian hingga Rp 237 juta.

Yu sendiri sudah ikut Arisan Bunga ini dari tahun 2020. Yu mengatakan mulai ikut arisan ini setelah diajak sepupunya yang ada di Curup.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: