HONDA

Rejang Lebong Waspada Rabies, Hanya 10 Persen HPR Divaksin

Rejang Lebong Waspada Rabies, Hanya 10 Persen HPR Divaksin

Rejang Lebong Waspada Rabies, Hanya 10 Persen HPR Divaksin--Dokumen/rakyatbengkulu

CURUP, RAKYATBENGKULU.COM - Populasi Hewan Penular Rabies (HPR) di 15 Kecamatan se-Kabupaten Rejang Lebong mencapai 30.000 lebih. Namun, jumlah vaksin yang tersedia selama tahun 2023 hanya mencapai 3.700 dosis.

Rinciannya, anggaran yang disiapkan dalam APBD Rejang Lebong 2023 sebanyak 2.500 dosis, kemudian dalam APBD perubahan 2023 sebanyak 1.000 dosis dan sebanyak 200 dosis dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Bengkulu.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong, Ir.Zulkaranain MT menuturkan jumlah populasi HPR jenis anjing, kucing dan kera dalam 15 Kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong lebih dari 30.000 ekor. Dan yang telah dilakukan vaksinasi HPR secara massal pada tahun 2023 ini hanya mencapai 3.700 ekor.

"Pada tahun-tahun sebelumnya selain pengadaan dari Pemda Rejang Lebong, juga dibantu oleh Kementerian Pertanian serta Pemprov Bengkulu, namun saat pandemi COVID-19 sejak 2020-2022 lalu tidak ada lagi," ungkap Zulkarnain, Selasa 24 Oktober 2023.

BACA JUGA:Rabies, Penyakit Terabaikan yang Memakan Banyak Korban, 60.000 Kasus Kematian Per Tahun

Dikatakannya, lelaksanaan vaksinasi massal HPR tersebut tidak bisa menjangkau semua populasi HPR di Kabupaten Rejang Lebong karena ketersediaan vaksinnya terbatas sehingga hanya dilakukan di desa atau kelurahan tertentu saja.

"Itupun melihat populasi kecamatan yang paling banyak seperti Curup Selatan, Curup Timur dan Curup Tengah. Termasuk Kecamatan Selupu Rejang," terangnya.

Sementara itu, ketersediaan vaksin HPR di Kabupaten Rejang Lebong ini diharapkan minimal 25 persen dari jumlah populasi termasuk adanya dukungan anggaran eliminasi bagi HPR liar karena gigitan bisa menularkan virus rabies.

"Kita masih mengusulkan anggaran untuk 2024 termasuk nantinya berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk mencari solusi vaksinasi HPR," demikian Zulkarnain.

BACA JUGA:Usulkan Labkeswan di Tiga Kabupaten, Gubernur Jamin Ketersediaan Vaksin Rabies

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: