HONDA

Asal Mula Nama Planet dan Maknanya, Venus Lambang Kecantikan, Mars Identik dengan Peperangan

Asal Mula Nama Planet dan Maknanya, Venus Lambang Kecantikan, Mars Identik dengan Peperangan

Asal Mula Nama Planet dan Maknanya, Venus Lambang Kecantikan, Mars Identik dengan Peperangan --rakyatbengkulu.disway.id

BACA JUGA:Buka Rekening Bank Digital SeaBank Hanya 3 Menit, Dapatkan Keuntungan Gratis Ongkir dan Cashback Shopee

Alasan munculnya sudut pandang tersebut merupakan bintang dan planet tampak berputar mengitari bumi setiap hari dan persepsi akal sehat, bahwa Bumi bersifat padat dan tetap, tidak bergerak dan diam.

Planet merupakan salah satu benda langit yang menyusun tata surya. Pada zaman dahulunya, sebelum ilmu astronomi berkembang dengan pesat seperti sekarang, astronom Yunani serta Romawi hanya mengandalkan penglihatan mata telanjang atau dengan alat yang sederhana. 

BACA JUGA:Terafiliasi Shopee, Ini Kelebihan dan Kekurangan Bank Digital SeaBank

Pada penemuan planet yang pertama kali Astronom Yunani telah mengidentifikasi lima planet yang tampak dengan mata telanjang, adapun planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturunus. 

Sebelum punya nama, astronom Yunani telah menamainya dengan Hermes, Aphrodite, Ares, Zeus dan Cronus. Aphrodite atau planet Venus, dahulunya sempat membuat bingung para astronom Yunani. Karena mereka beranggapan ada dua benda langit yang berbeda. 

BACA JUGA:Bukan Cuma Udara Dingin, Ini Fakta Unik dari Provinsi Jawa Barat yang Harus Diketahui

Saat Aphrodite muncul di langit pada pagi hari, maka mereka menyebutnya dengan Phosphorus. Sedangkan pada saat malam harinya, mereka menyebut Aphrodite dengan Hesperus. 

Dengan adanya pemberian nama pada planet barulah pada tahun 310 SM, seorang astronom Yunani bernama Aristarchus menyadari bahwa kedua benda langit tersebut merupakan benda langit yang sama.

BACA JUGA:Mengenal BCA Digital, Apa Perbedaan dan Kelebihannya dengan Bank BCA, Simak Penjelasannya !

Beberapa abad setelah itu, seorang astronom Romawi mempelajari lebih lanjut mengenai planet-planet tersebut. 

Lalu  mereka mengubah nama planet menjadi Merkurius, Venus, Mars, Jupiter serta Saturnus. Untuk lebih detail lagi, nama Merkurius diambil dari nama dewa perdagangan yaitu Mercury. 

BACA JUGA:Tradisi Angpao Saat Imlek, Pemberinya Harus Sudah Menikah, Diyakini Membawa Keberuntungan

Selain dewa perdagangan, Mercury juga adalah dewa perjalanan. Adapun nama Mercury diberikan karena Merkurius bergerak dengan sangat cepat dalam mengelilingi matahari, yaitu terhitung hanya 88 hari saja. 

Planet kedua adalah Venus. Dimana nama Venus diambil dari nama dewi Romawi dan merupakan satu-satunya planet yang menggunakan nama perempuan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: