BANNER KPU
HONDA

4 Manfaat Terapi Bekam Menurut Anjuran Rasulullah untuk Kesehatan Optimal

4 Manfaat Terapi Bekam Menurut Anjuran Rasulullah untuk Kesehatan Optimal

Untuk kesehatan optimal, ini dia 4 manfaat terapi bekam menurut anjuran Rasulullah.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Ada 4 manfaat pengobatan terapi bekam yang merupakan anjuran rasulullah bagi kesehatan seseorang.

Bekam adalah sistem pengobatan tradisional yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Timur Tengah untuk memberikan efek kebugaran pada tubuh.

Metode Bekam (Arab: al-hijamah) itu sendiri dengan cara melakukan penyedotan pada lokal darah dari sayatan kulit kecil diberbagai tempat ditubuh.

Bekam sangat dianjurkan oleh rasulullah dengan metode pengobatan mengeluarkan darah statis (kental) yang mengandung toksin atau racun dari dalam tubuh manusia.

BACA JUGA:Digigit Kelabang Jangan Panik, Lakukan 5 Cara Pengobatan Tradisional Ini

Cara melakukan metode bekam ini dengan kulit divakum oleh alat khusus dan kemudian disayat kecil untuk pengeluaran darah.

Bekam sudah dikenal sejak zaman dahulu dari kerajaan Sumeria, kemudian terus berkembang sampai Babilonia, Mesir kuno, Saba, dan Persia hingga berkembang sampai saat ini.

Pada zaman Nabi Muhammad alat yang digunakan untuk melakukan bekam melalui tanduk kerbau atau sapi, tulang unta, gading gajah. Banyak sekali manfaat dari bekam yang dianjurkan oleh Rasullulah untuk kesehatan tubuh manusia.

Dalam pandangan Islam, metode bekam menjadi anjuran dari sebagian ulama sehingga menganggap pengobatan tersebut sebagai sunnah.

BACA JUGA:Mengandung Nutrisi Melimpah, Petai Cina Baik untuk Kesehatan, Bisa Bantu Pengobatan Diabetes Melitus

Rasulullah SAW bersabda pada hadist sohih yakni, "Sesungguhnya pengobatan paling ideal yang kalian gunakan adalah bekam". (Hadits Muttafaq ‘alaih: Bukhari dan Muslim).

Indonesia juga berkembang pengobatan bekam ini hingga masuk melalui perdagangan Arab yang menyebarkan agama Islam.

Di Indonesia dahulunya metode ini dipraktikkan oleh ulama dan santri yang mempelajarinya dengan tehnik yang sangat sederhana yakni menggunakan api dari kain/kapas/kertas yang dibakar untuk kemudian ditutup secepatnya dengan gelas (botol). 

Bekam ini dimanfaatkan untuk mengobati berbagai keluhan sakit/pegal-pegal di badan, dan sakit kepala atau yang dikenal dengan istilah “masuk angin”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: