HONDA

Nikmatnya 'Tempoyak' Kuliner Khas Sumatera, Terbuat dari Fermentasi Durian yang Bercita Rasa Nusantara

Nikmatnya 'Tempoyak' Kuliner Khas Sumatera, Terbuat dari Fermentasi Durian yang Bercita Rasa Nusantara

Nikmatnya Santapan Fermentasi Durian Tempoyak selama 3 hari, Kuliner Khas Sumatera Bercita Rasa Nusantara--Instagram/nadiah.razali

BACA JUGA:Jangan Makan Durian Bersamaan Mengonsumsi Alkohol, Bisa Ganggu Metabolisme Tubuh

Fermentasi durian ini memberikan aroma yang semerbak namun sangat enak dicampur dengan bahan lain ketika dimasak. Contohnya kuliner sambal tempoyak udang terkenal di Bengkulu.

Bagaimana tidak, tempoyak telah menjadi kuliner orang Sumatera diberbagai daerah misalnya Aceh tempoyak biasanya dijadikan bahan campuran gulai, atau sambal dengan terasi. 

Oleh orang Lampung tempoyak biasanya digunakan untuk olahan sambal seruit yang menjadi kuliner khas dari warganya. Biasanya Lampung sangat terkenal dengan tradisi nyeruit.

Menjadi hidangan khas orang Lampung seruit bersama tempoyak. Tak kalah dengan Bengkulu dan Aceh di Jambi juga menggunakan tempoyak sebagai campuran gulai ikan.

BACA JUGA:Wisata Kampung Durian: Ada Kolam Renang - Camping Ground, Rekomendasi Tempat Liburan Akhir Tahun di Benteng

Kuliner tempoyak memang mempunyai cita rasa Nusantara yang asli untuk masyarakat Sumatera.

Tidak berbeda jauh kuliner yang dihasilkan dari bahan dasar tempoyak ini.

Malah kalau orang yang dipelosok desa menggunakan tempoyak dengan cabai halus saja tanpa dimasak sudah lezat sekali, dengan suasana sawah atau kebun menambah kenikmatan.

Tempoyak meskipun hasil fermentasi durian juga mengandung nilai gizi, didalam 100 gram tempoyak terkandung energi sebesar 142 kkal, protein 2,7 g, karbohidrat 22,7 g, lemak 4,6 g, kalsium 190 mg dan fosfor 45 mg.

BACA JUGA:Penggemar Buah Durian Harus Tahu, Ini 5 Perbedaan Durian Musang King dengan Durian Monthong

Selain itu ada nilai zat besi 2,9 mg, vitamin B1 sebanyak 0,16 mg dan vitamin C sebesar 1 mg. Namun, tetap untuk tidak mengkonsumsi tempoyak secara berlebihan.

Tempoyak memiliki ketingkat keasaman yang tinggi meskipun sudah diolah sehingga jika dimakan secara berlebihan akan memberikan efek pada saluran pencernaan, asam urat, pusing dan lainnya.

Bijaksana untuk mengkonsumsi apapun yang masuk kedalam tubuh Anda, agar mendapatkan nilai gizi tanpa harus merusak kesehatan tubuh karena olahan tempoyak.

Maukah mencoba membuat olahan tempoyak yang sangat sedap untuk dinikmati? Kuliner Khas Sumatera fermentasi dari buah durian yang tentunya akan lezat dimakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: