HONDA

Kaya akan Vitamin C, Ini 5 Jenis Markisa yang Ada di Pasar, Bisa Mengontrol Tekanan Darah

Kaya akan Vitamin C, Ini 5 Jenis Markisa yang Ada di Pasar, Bisa Mengontrol Tekanan Darah

Kaya akan Vitamin C, Ini 5 Jenis Markisa yang Ada di Pasar, Bisa Mengontrol Tekanan Darah --Ilustrasi/ana mariyohana/bing image creator/rakyatbengkulu.disway.id

BACA JUGA:Ini 8 Manfaat Mengkudu bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kalau dipaksakan ditanam di dataran rendah, tanaman ini akan tumbuh tapi sulit berbuah. Biasanya sirup konyal ini dijadikan sirup, terutama di daerah asalnya Medan. Sebab memiliki cita rasa yang manis.

 

2. Markisa Kuning

Beda dengan markisa konyal, markisa kuning memiliki nama ilmiah Passiflora flavicarva. Markisa kuning ini paling banyak ditemukan di Indonesia.

Sebab jenis markisa ini bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah atau dataran menengah, seperti dikembangkan pada daerah Sumatera Barat, Lampung dan Jawa Barat.

BACA JUGA:Simak 7 Manfaat Terong Ungu untuk Kesehatan, Mengandung Antioksidan Tinggi, Bisa Cegah Kerusakan Sel

Sayangnya rasa pulp dari markisa kuning ini asam, bahkan ada yang menyebutnya sebagai yellow granadilla. Sama seperti markisa lainnya, markisa kuning bentuknya lonjong dengan warna hijau waktu muda dan kuning ketika matang.

Menariknya, aroma markisa kuning mirip dengan aroma jambu biji. Karena rasanya asam, markisa kuning jarang dikonsumsi langsung. 

Biasanya akan diolah menjadi produk mirip selai, jelly, sari butir, es krim dan konsentrat.

BACA JUGA:Tabel Dana Desa 2024 Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan: Simak Rinciannya di Sini

 

3. Markisa Ungu

Markisa ungu banyak dibudidayakan di Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara, biasanya disebut purple passion dan akan tumbuh di dataran tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: