HONDA

5 Artis yang Pernah Terjerat Kasus Korupsi, Siapa Saja Mereka?

5 Artis yang Pernah Terjerat Kasus Korupsi, Siapa Saja Mereka?

5 Artis Yang Pernah Terjerat Kasus Korupsi, Siapa Saja Mereka? --instagram/bigalphaid

Komedian legend Mandra merupakan Direktur Utama PT Viandra Production, Mandra didakwa dengan dugaan kasus korupsi dalam pengadaan program siap siar di LPP TVRI. 

Mandra ditenggarai melakukan mark up proyek film yang proses syuting dan produksinya menggunakan dana dari pemerintah melalui APBN pada tahun 2012 saat itu.

BACA JUGA:Sandra Dewi Ketulahan Omongan Sendiri Terkait Penangkapan Sang Suami Dalam Kasus Korupsi Timah

Dalam putusan ammar hakim, Mandra harus menjalani 1 tahun penjara pada saat itu tahun 2015 hingga 2016 mendekam dalam jeruji besi untuk mempertanggung jawabkannya.

3. Zumi Zola

Mantan tunangan Ayu Dewi ini pernah menjabat sebagai Gubernur di Jambi selama 2 tahun dan diduga terlibat dalam kasus korupsi yang menyeret nama baiknya dengan suap disejumlah proyek.

Akibat itu Zumi harus bertanggung jawab oleh KPK, pada 9 April 2018 divonis 6 tahun penjara namun sayangnya 2021 dia sempat mengajukan PK atau peninjauan kembali.

Peninjauan kembali ini dilakukannya dalam rangka berkeyakinan akan dapat dibebaskan, kemudian pada 6 September 2022 dinyatakan bebas bersyarat dari penjara.

BACA JUGA:Harvey Moeis Terlibat Kasus Korupsi Timah Rugikan Negara Rp271 Triliun, Sandra Dewi Matikan Kolom Komentar

4. Mark Sungkar

Ayah dari Shiren Sungkar dan Zaskia Sungkar ini juga pernah didakwa perihal memperkaya diri sendiri melalui dana pelaksaan kegiatan peningkatan prestasi olahraga nasional tahun anggaran 2018.

Kedudukan Mark sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia, dan diduga memakai dana sisa anggaran dan tidak menyerahkan laporan keuangannya tepat waktu.

Untuk itu Mark dituntut 2,5 tahun penjara terhitung sejak Maret 2021 sehingga menambah daftar artis yang pernah terlibat diduga melakukan korupsi kepada negara.

5. Harvey Moeis

Meskipun dia bukan merupakan selebritis Indonesia, namun nama istrinya Sandra Dewi sangat diperhitungkan dalam dunia entertaiment sehingga dijejerkan pada artis yang pernah terlibat kasus korupsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: