HONDA

Dijadikan Lalap dan Pecel, Juga Dimanfaatkan sebagai Herbal, Ini 10 Manfaat Daun Sintrong untuk Kesehatan

Dijadikan Lalap dan Pecel, Juga Dimanfaatkan sebagai Herbal, Ini 10 Manfaat Daun Sintrong untuk Kesehatan

Dijadikan Lalap dan Pecel, Juga Dimanfaatkan sebagai Herbal, Ini 10 Manfaat Daun Sintrong untuk Kesehatan--Blog.sch.id/smpn2pakem//

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Sebagian orang menganggap daun sintrong sebagai gulma, tetapi masyarakat di Jawa Barat malah menjadikan daun ini sebagai lalapan. 

Sementara di Jember daun sintrong menjadi bagian dari sayuran untuk pecel. Rasa daun sintrong ini seperti daun mint. 

Daun sintrong dengan nama latin Crassocephalum crepidioides kaya akan nutrisi, vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. 

BACA JUGA:Memurnikan Keesaan Allah, Ini 6 Keutamaan Surat Al Ikhlas, Menjadi Sebab Dikabulkan Doa

Bahkan tanaman sintrong banyak dimanfaatkan sebagai herbal atau pengobatan tradisional. Beberapa senyawa yang terkandung dalam daun sintrong berupa antioksidan. Yakni flavonoid, saponin, tanin, glikosida dan steroid. 

Lengkapnya dalam 100 gram daun sintrong terkandung air 88.5 g, energi 36 kkal, protein 2,6 g, lemak 0,9 g, karbohidrat 6,1 g, serat 1,7 g dan abu 1,9 g.

Selain itu ada banyak kandungan mineral dan vitamin seperti kalsium 398 mg, fosfor 95 mg, zat besi 9,3 mg, natrium 64 mg, kalium 444,4 mg, tembaga 0,10 mg dan seng 0,4 mg.

BACA JUGA:Tayang di Bioskop, Film Dua Hati Biru Ceritakan Kelanjutan Sekuel di Tahun 2019, Penasaran? Tonton Segera

Kemudian juga ada beta-karoten 10,178 mcg, thiamin (Vit. B1) 0,03 mg, riboflavin (Vit. B2) 0,20 mg, Niasin 0,9 mg dan Vitamin C 3 mg

Sementara tekstur daun sintrong empuk dan batangnya lunak. Lalu memiliki aroma yang segar dan rasanya cenderung netral, membuat banyak orang menyukai daun sintrong untuk lalapan atau sayuran.

Selain diolah menjadi lalapan, daun sintrong juga dikonsumsi dalam bentuk air rebusan. Biasanya dengan merebut sejumlah daun sintrong dalam 2 gelas air dan disisakan tinggal segelas untuk dikonsumsi. 

BACA JUGA:Trend Foto Masuk Keluarga Raffi Ahmad, Ulah Grup Musik Project Pop Bikin Netizen Tergelitik

Batang sintrong tergolong tebal dan daunnya berselang-seling, dengan bunga berwarna kemerahan. Kamu juga akan menjumpai buah berwarna coklat tua di dekat daun ini. 

Lain daerah maka nama daun sintrong juga berbeda-beda, misalnya jambrong, balastrong, tespong, sawi rusa, jebung dan lainnya. Mari simak uraian tentang manfaat daun sintrong untuk kesehatan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: