HONDA

Pemanfaatan Bonggol Jagung Sebagai Alternatif Pakan Ternak, Begini Caranya

Pemanfaatan Bonggol Jagung Sebagai Alternatif Pakan Ternak, Begini Caranya

Pakai ternak dari Bongol Jagung --Instagram/nunung.nooraisyah

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pemanfaatan Bonggol Jagung Sebagai Alternatif Pakan Ternak, Begini Caranya.

Limbah bonggol jagung biasanya oleh petani jagung dibuang saja apalagi yang tua karena jagung tua untuk makan ternak dan pemanfaatan bonggolnya tidak dipakai.

Ternyata bonggol jagung dapat menjadi alternatif lain oleh peternak dalam membuat pakan ternak yang mudah dan murah sehingga dapat membantu peternak dalam menekan biaya perawatan hewan.

Makanan hewan ini bermacam-macam ada yang berbentuk alami langsung seperti rumput untuk sapi dan kambing ada juga dengan menggunakan biji jagung seperti untuk ayam dan unggas lainnya.

Untuk itu ternyata ada manfaat lain dari penggunaan pakan ternak menggunakan bonggol jagung ini, selain dapat dimaksimalkan limbah jagung dapat juga berguna dalam alternatif pakan ternak.

BACA JUGA:Bersihkan Rumput, Petani di Rejang Lebong Temukan Granat

Sebagai peternak modern harus kembali ke alam untuk pembuatan pakan ternak, selain lebih hemat biaya juga cukup menggunakan bahan limbahan sehingga tentunya akan lebih murah dari pada umumnya.

Apalagi untuk pemenuhan kebutuhan pakan ternak akan sulit seiringnya ketebatasan lahan hijau.

Diketahui saat ini lahan hijau jarang sekali dijumpai apalagi untuk makan ternak dengan nama pakan ternak ruminansia.

Perlunya alternatif lain dari pakan ternak untuk sapi dan kambing apalagi di Indonesia ini memiliki iklim dengan musim panas dan musim hujan, kalau musim hujan tentu banyak sekali pakan ruminansia ini.

Namun ketika musim kemarau agak susah peternak untuk mendapatkan lahan hijau yang subur untuk makanan ternaknya, untuk itu perlu menggunakan alternatif pakan lainnya terutama dari bongol jagung.

BACA JUGA:Jelang Pernikahan, Rizky Febian dan Mahalini Lakukan Proses Ngidih dalam Adat Bali

Ternyata bukan bijinya saja yang bermanfaaat untuk makanan ternak namun bonggol juga dapat bermanfaat baik untuk menjadi pakan ternak meskipun begitu banyak sekali mengandung nutrisi.

Sebagaimana diketahui bahwa bonggol jagung ini hanya digunakan untuk limbah jagung, namun didalamnya terkandung nutrisi yang baik untuk ternak, tentunya harus dicampurkan dengan bahan lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: