BANNER KPU
HONDA

7 Manfaat Cucian Beras untuk Tanaman, Salah Satunya Dapat Dijadikan Pupuk

7 Manfaat Cucian Beras untuk Tanaman, Salah Satunya Dapat Dijadikan Pupuk

7 Manfaat Cucian Beras untuk Tanaman, Salah Satunya Dapat Dijadikan Pupuk--Facebook/ruang organik

BACA JUGA:Pupuk Nabati dari Kulit Pisang, Begini Cara Pembuatannya

Mineral tersebut memiliki peran penting dalam meningkatkan ketahanan tanaman di bawah suhu tinggi dan lingkungan yang membuat tanaman semakin tertekan.

Tentunya mineral yang terkandung di dalam limbah cucian beras tersebut dapat berfungsi baik bagi proses fisiologi seperti pemeliharaan fotosintesis berikut juga aktivasi enzim untuk tanaman berlangsung hidup.

2. Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman

Pada dasarnya ternyata limbah dari cucian beras tersebut terbukti untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman sehingga dapat menjadi pupuk yang ringan kandungan yang terdapat dalam cucian beras.

Pati merupakan senyawa organik yang terkandung dari air cucian beras akan membantu mendorong bakteri tanah yang menguntungkan untuk meningkatkan pertumbuhan pada tanaman.

BACA JUGA:Buah Maja untuk Pestisida dan Pupuk Alami, Ampuh Usir Serangga

Senyawa tersebut juga bisa meningkatkan kualitas tanaman untuk konsumsi manusia sekaligus dapat menekan penyakit pada tanaman bila diterapkan dalam jumlah yang sesuai.

3. Memperkuat Tanaman

Banyak yang tidak mengira bahwa manfaat air cucian beras untuk tanaman dapat memperkuat tanaman, hal ini karena terdapat kandungan vitamin B dan E, serta mineral yang terkandung dalam air cucian beras. 

Berikut juga ternyata vitamin B dan E pada air cucian beras berperan dalam terjadinya biosintesis pada tanaman dan berfungsi sebagai antioksidan, dan mineral untuk meningkatkan ketahanan tanaman.

4. Mempercepat Proses Fotosintesis

Mempercepat proses fotosintesis merupakan salah satu manfaat dari air cucian beras karena air cucian beras mengandung antioksidan yang berfungsi sebagai penyangga.

BACA JUGA:Ini ! 4 Jenis Pupuk Perbesar TBS Kelapa Sawit, Pengaplikasian Tepat Petani pun Bakal Untung Besar

Penyangga di sini yang dapat berinteraksi dengan berbagai komponen dan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman Itulah kenapa dapat mempercepat proses fotosintesis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: