BANNER KPU
HONDA

Jangan Salah Langkah, Begini Cara Tepat Membersihkan Telinga Anak

Jangan Salah Langkah, Begini Cara Tepat Membersihkan Telinga Anak

Jangan Salah Langkah, Begini Cara Tepat Membersihkan Telinga Anak--Instagram/citra_amelinda

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Jangan salah langkah, begini cara tepat untuk membersihkan telinga anak jangan sampai terjadi iritasi atau infeksi pada telinga anak anda.

Telinga merupakan sumber pendengaran yang paling utama, hal tersebut harus dijaga dengan baik karena itu merupakan aset utama yang dimiliki oleh anak-anak sebagai indra pendengarnya.

Telinga inilah yang akan digunakan dalam setiap pelajaran ataupun kehidupan sosialnya, maka dari itu harus dijaga dengan baik oleh orang tua. Jangan sampai salah langkah dalam membersihkan telinga anak.

Terkadang kita seringkali lalai dengan menggunakan pembersih telinga yang seringkali dijual bebas di supermarket, namun tahukah Anda itu akan membuat kotoran di telinga semakin menumpuk ke dalam gendang telinga.

BACA JUGA:Nama Pasaran di Indonesia, ‘Kuala’ Jadi Nama 67 Desa: Ini Daftar Lengkapnya

Itu akan berdampak buruk pada anak lantaran bisa terjadi iritasi karena mengalami kelecetan pada dinding telinga anak anda, maka dari itu perlu langkah yang tepat saat membersihkan telinga tersebut.

Ada waktu yang tepat dalam membersihkan telinga pada anak yaitu waktu pagi hari saat anak akan mandi, gunakan bola kapas untuk mencegah kotoran telinga di bagian belakang daun telinga.

Jangan pernah memasukkan kapas ataupun cotton bud ke dalam daun telinga, cukup bersihkan di bagian luar daun telinga tersebut. Jika masih ada kotoran yang di dalamnya, jangan pernah menggunakan alat tersebut.

Tahukah anda bahwa kotoran telinga tersebut memiliki manfaat baik bagi kesehatan telinga anak anda karena kotoran tersebut sebagai penyaring yang melindungi dari air, benda asing, trauma dan infeksi.

BACA JUGA:Nama Pasaran di Indonesia, ‘Kramat’ Jadi Nama 33 Desa: Ini Daftar Lengkapnya

Jangan takut kotoran telinga pada anak akan turun sendiri atau keluar sendiri dengan cara ketika anak tersebut mengunyah ataupun ketika anak tersebut berbicara.

Jika kotoran telinga anak Anda sudah ada pada ujung daun telinga bagian luar, anda dapat menggunakan kapas untuk mengambilnya atau juga dengan kain lembut yang basah.

Hentikan penggunaan tetesan pada obat pengeluar cairan kotoran tanpa ada resep dokter, jika terjadi sesuatu atau infeksi Anda dapat langsung merujuk anak tersebut ke dokter THT atau telinga hidung tenggorokan.

Tanpa dosis yang tepat ataupun tanpa penanganan yang tepat hal tersebut dapat membahayakan pendengaran pada anak anda, maka dari itu jangan sampai salah langkah dalam membersihkan kotoran telinga anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: