BANNER KPU
HONDA

Kenali Penyebab Anak Sering Murung dan Tips Mengatasinya

Kenali Penyebab Anak Sering Murung dan Tips Mengatasinya

Kenali Penyebab Anak Sering Murung dan Tips Mengatasinya--Instagram.com/ psikologika.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Anak suka murung atau terlihat sedih bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik itu dari dalam diri mereka sendiri maupun dari lingkungan sekitar.

Nah, kali ini Rakyatbengkulu.com akan menjelaskan beberapa penyebab anak yang suka murung dan cara mengatasinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Anak mungkin akan mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan besar di dalam kehidupan mereka, yaitu seperti pindah rumah, pergantian sekolah, atau perceraian orang tua.

Prestasi akademis yang menurun, masalah dengan teman sekelas, atau masalah disiplin di sekolah tentu juga dapat menyebabkan anak akan merasa stres atau cemas.

BACA JUGA:Anak Susah Tidur? Ternyata Ini Penyebabnya, Berikut Trik yang Harus Dilakukan Orang Tua

BACA JUGA:Kenali Penyebab Anak Susah Makan dan Begini Trik Mengatasinya

Serta konflik keluarga, kehilangan anggota keluarga atau hewan peliharaan, atau masalah di dalam hubungan dengan saudara kandung atau orang tua juga dapat mempengaruhi suasana hati pada anak.

Anak mungkin akan merasa tertekan atau cemas karena tekanan untuk tampil supaya lebih baik di dalam aktivitas ekstrakurikuler, olahraga, atau di dalam lingkungan sosial mereka.

Beberapa anak juga mungkin akan mengalami gangguan kecemasan, depresi, atau masalah kesehatan mental lainnya yang tentu dapat mempengaruhi suasana hati mereka.

Anak-anak yang merasa sulit untuk berinteraksi dengan orang lain atau merasa tertekan di lingkungan sosial tertentu mungkin akan cenderung lebih sering merasa murung.

BACA JUGA:Cara Mencegah Anak Sakit Perut, Salah Satunya dengan Berbagi Cerita

BACA JUGA:Jangan Salah Langkah, Begini Cara Tepat Membersihkan Telinga Anak

Dengan pengaruh negatif dari media sosial atau tekanan untuk menampilkan kehidupan yang sempurna secara online juga bisa akan mempengaruhi suasana hati anak.

Bila kekurangan tidur atau pola makan yang tidak sehat tentunya dapat mempengaruhi suasana hati pada anak secara negatif.

Dengan pengalaman traumatis yaitu seperti kehilangan orang yang dicintai, kecelakaan, atau kejadian buruk lainnya tentunya juga dapat menyebabkan anak merasa sedih atau murung di dalam jangka waktu yang cukup lama.

Beberapa anak mungkin akan kesulitan di dalam mengungkapkan perasaan mereka dengan kata-kata, sehingga mereka akan menunjukkan kesedihan atau murung sebagai respons terhadap perasaan yang tidak terungkap kan.

Sehingga sangat penting untuk mengidentifikasi penyebab dari kemungkinan dari perubahan suasana hati pada anak dan memberikan dukungan yang sesuai.

BACA JUGA:Jaga Emosi! Begini Tips Mendidik dan Mengatasi Anak yang Keras Kepala

BACA JUGA:Anak Mengalami Trauma Makan? Ini Cara Mengatasinya Ala Nikita Willy

Berikut Beberapa Untuk Mengatasi Anak yang Sering Murung

- Ajak berbicara dengan lembut

Carilah waktu yang tenang untuk duduk bersama anak dan ajak mereka untuk bicara tentang perasaannya, dengarkan dengan penuh perhatian tanpa menilai atau mengkritik.

- Berikan dukungan emosional

Tunjukkan kepada anak bahwa Anda peduli dengan apa yang mereka rasakan, dan beri dukungan dan pujian untuk hal-hal positif yang mereka lakukan.

- Bantu mereka mengidentifikasi penyebabnya

Tanyakan kepada anak apa yang membuat mereka merasa murung atau sedih, mungkin ada masalah di sekolah, dengan teman, atau di rumah yang perlu dipecahkan.

- Dorong untuk mengekspresikan diri

Bisa melalui dengan berbicara, menulis jurnal, atau melalui seni seperti gambar atau lukisan, hal ini tentu dapat membantu mereka mengeluarkan perasaan yang terpendam.

BACA JUGA:Cegah Pneumonia, Dinkes Imbau Warga Segera Periksakan Anak Jika Terkena Flu

BACA JUGA:Siap Masuk Sekolah! Ini Dia 3 Rekomendasi Tas Sekolah Anak yang Bagus dan Terbaik

- Berikan aktivitas yang menyenangkan

Ajak anak untuk melakukan aktivitas yang mereka sukai atau hobi yang akan dapat mengalihkan perhatian mereka dari perasaan sedih.

- Dorong untuk berinteraksi sosial

 Ajak anak untuk bermain dengan teman-temannya atau bergabung didalam kegiatan sosial lainnya yang tentu dapat membangkitkan semangat mereka.

- Perhatikan kebutuhan fisik

Pastikan anak untuk mendapatkan tidur yang cukup, makanan yang sehat, dan olahraga yang cukup, kesehatan fisik yang baik tentu akan dapat membantu meningkatkan suasana hati anak.

- Berikan contoh yang baik

Tunjukkan kepada anak cara mengelola emosi yang sehat dengan cara Anda sendiri, Anak-anak tentunya sering kali akan meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Merk Sepatu Sekolah Anak, Cocok untuk Tahun Ajaran Baru

BACA JUGA:10 Rekomendasi Jam Tangan yang Populer di Kalangan Anak Muda, Segera Miliki!

Setiap anak tentu akan memiliki cara yang berbeda dalam menangani emosi mereka, sehingga akan menjadi penting untuk bersabar dan mendukung mereka dengan cara yang sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan individu mereka masing-masing.

Mendengarkan dan memberi dukungan kepada anak adalah langkah awal yang sangat penting dalam membantu mereka mengatasi perasaan negatif ini.

Apabila perasaan murung atau sedih berlanjut dalam waktu yang lama atau mempengaruhi kehidupan sehari-hari mereka, maka sebaiknya cobalah untuk konsultasikan dengan profesional kesehatan mental atau konselor untuk bantuan yang lebih lanjut.

Demikianlah tadi penjelasan penyebab anak sering murung dan cara mengatasinya, semoga informasi tadi bermanfaat untuk Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: