BANNER KPU
HONDA

Pemilik Kendaraan Wajib Tahu, 5 Kelebihan dan Kekurangan BBM Pertalite Ron 90

Pemilik Kendaraan Wajib Tahu, 5 Kelebihan dan Kekurangan BBM Pertalite Ron 90

Pemilik Kendaraan Wajib Tahu, 5 Kelebihan dan Kekurangan BBM Pertalite Ron 90--Instagram.com/ yaris.hanupis

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pertalite adalah salah satu dari jenis BBM (Bahan Bakar Minyak), yang cukup banyak diminati oleh para pemilik kendaraan bermotor.

Dimana harga Pertalite yang cukup terjangkau akan menjadi salah satu alasan utamanya dari masyarakat pengguna kendaraan bermotor memilih bahan bakar jenis ini.

Pertalite memiliki kadar RON (Research Oktan Number) yang tinggi dengan angka yaitu Ron 90.

Bahan bakar pertalite dinilai cukup tepat digunakan oleh kendaraan yang memiliki kompresi antara 9:1 sampai 10:1, sehingga sangat cocok untuk kendaraan bermesin bensin di Indonesia.

Nah, berikut ini Rakyatbengkulu.com akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari bahan bakar jenis pertalite dengan ron 90, yang telah dirangkum dari berbagai sumber, yakni:

BACA JUGA:Crosser Binaan Astra Honda Raih Poin Perdana di MXGP Lombok: Delvintor Alfarizi Tampil Gemilang

BACA JUGA:5 Slogan Iklan Ini Selalu Dikenal Masyarakat, Apa Saja Produknya?

Kelebihan Pertalite dengan RON 90

1. Harga yang Lebih Terjangkau

Pertalite biasanya lebih murah dibandingkan dengan bahan bakar dengan oktan lebih tinggi seperti Pertamax atau Pertamax Turbo. Ini membuatnya menjadi pilihan ekonomis bagi pemilik kendaraan yang mencari opsi dengan biaya lebih rendah.

2. Cocok untuk Kendaraan Standar

Bahan bakar Pertalite RON 90 cocok digunakan untuk sebagian besar kendaraan bermesin bensin standar yang tidak memiliki persyaratan khusus akan oktan yang tinggi. Ini termasuk mobil keluarga, sedan, hatchback, dan sebagainya.

3. Tersedia di Banyak Tempat

Seperti halnya bahan bakar Pertamax RON 92, Pertalite RON 90 juga umumnya tersedia secara luas di SPBU di Indonesia. Hal ini memudahkan untuk menemukan dan mengisi bahan bakar di berbagai lokasi.

4. Performa yang Memadai

Meskipun memiliki oktan yang lebih rendah dibandingkan dengan Pertamax RON 92 atau Pertamax Turbo, Pertalite RON 90 masih dapat memberikan performa yang memadai bagi kendaraan standar. Ini termasuk pembakaran yang relatif bersih dan stabil.

BACA JUGA:5 Slogan Iklan Ini Selalu Dikenal Masyarakat, Apa Saja Produknya?

BACA JUGA:MUI Rejang Lebong Ajak Umat Islam Jauhi Judi Online

5. Pilihan Alternatif

Bagi kendaraan yang tidak memerlukan oktan yang sangat tinggi atau bagi pemilik yang lebih memperhatikan aspek ekonomis, Pertalite RON 90 bisa menjadi alternatif yang baik untuk mengontrol biaya operasional kendaraan.

Kekurangan Bahan Bakar Pertalite dengan RON 90

- Performa Terbatas

Bahan bakar dengan oktan RON 90 cenderung memiliki pembakaran yang kurang optimal dibandingkan dengan bahan bakar dengan oktan lebih tinggi seperti Pertamax RON 92 atau Pertamax Turbo RON 98.

Ini bisa mengakibatkan performa mesin yang kurang responsif atau efisiensi bahan bakar yang lebih rendah.

- Ketahanan Terhadap Ketukan Mesin

Okta RON 90 mungkin tidak cukup untuk sepenuhnya mencegah ketukan mesin pada kendaraan yang memiliki mesin yang cenderung sensitif terhadap ketukan. Ketukan mesin dapat merusak komponen mesin dan mengurangi umur mesin jika terjadi secara terus-menerus.

- Emisi yang Lebih Tinggi

Bahan bakar dengan oktan lebih rendah cenderung menghasilkan emisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan bakar dengan oktan lebih tinggi. Ini dapat berkontribusi pada polusi udara dan dampak lingkungan yang lebih besar.

BACA JUGA:Sering Kali Diabaikan, Kenali 5 Tanda Baterai Smartphone Perlu Diganti

BACA JUGA:Berkreasi dengan 4 Resep Masakan Serba Tumisan yang Mudah Dibuat di Rumah

- Keterbatasan Pilihan

Meskipun tersedia di banyak SPBU, Pertalite dengan RON 90 mungkin tidak tersedia di semua lokasi, terutama di daerah-daerah yang lebih terpencil atau di jalan tol tertentu yang hanya menyediakan bahan bakar dengan oktan lebih tinggi.

- Rekomendasi Pabrikan

Beberapa pabrikan kendaraan mungkin merekomendasikan penggunaan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi untuk memastikan performa dan keandalan mesin yang optimal.

Menggunakan Pertalite RON 90 pada kendaraan yang membutuhkan oktan lebih tinggi bisa menyebabkan penurunan performa atau masalah mesin dalam jangka panjang.

Perlu untuk diingat bahwa tidak semua kendaraan cocok dengan menggunakan Pertalite RON 90, kendaraan tertentu mungkin akan memerlukan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi.

BACA JUGA:Verifikasi Faktual Dukungan Calon Perseorangan Gubernur dan Wakil Gubernur Menyisakan Waktu 2 Hari

BACA JUGA:Tips Membeli Ponsel Agar Memuaskan dan Efisien, Ketahui Jenis Baterai yang Digunakan

Demi untuk menjaga performa optimal dan mencegah masalah mesin, sebaiknya Anda selalu pastikan untuk mengacu pada rekomendasi dari pabrikan kendaraan Anda dalam memilih jenis bahan bakar yang sesuai.

Sebagai kesimpulan, sementara ini Pertalite dengan RON 90 dapat menjadi pilihan yang ekonomis untuk sebagian kendaraan yang bermesin bensin standar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: