BANNER KPU
HONDA

Pertalite Vs Pertamax, Mana yang Terbaik? Silahkan Bandingkan untuk Kendaraan Anda

Pertalite Vs Pertamax, Mana yang Terbaik? Silahkan Bandingkan untuk Kendaraan Anda

Pertalite Vs Pertamax, Mana yang Terbaik? Silahkan Bandingkan untuk Kendaraan Anda--Instagram.com/ ptpertaminapatraniaga

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pertalite vs Pertamax, dimana dari kedua bahan bakar minyak (BBM) ini memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lainnya.

Bukan hanya berbeda, namun juga dapat mempengaruhi kekurangan dan kelebihannya masing-masing dari jenis BBM.

Terlebih, sejak di akhir tahun yang lalu pemerintah telah berencana untuk menghapus tipe BBM bersubsidi yaitu seperti Pertalite.

Tentunya eksekusinya memang akan dilakukan secara bertahap yang dulu pernah dilakukan mulai dari mengganti Premium dengan Pertalite, lalu terus bergerak menuju BBM yang lebih hijau atau ramah lingkungan.

Apabila sudah diterapkan sepenuhnya, maka para pengendara khususnya motor tentu harus siap untuk membanting setir ke BBM dengan jenis lain dengan kandungan oktan yang lebih tinggi yaitu seperti Pertamax.

BACA JUGA:Sempat Dikabarkan Hilang dan Tersesat di Bukit Kaba, 8 Pendaki Asal Prabumulih Selamat

BACA JUGA:Jualan Unik Warga +62, Gunakan Nama Negara sebagai Nama Produknya

Nah, berikut ini Rakyatbengklu.com akan membahas tentang masing-masing BBM, dari jenis Pertalite dan Pertamax. Begitu pula dengan kelebihan dan kekurangan setiap jenisnya.

- Kelebihan Bahan Bakar Pertalite

1. Oktan yang Lebih Tinggi dari Premium

Pertalite memiliki oktan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan bakar Premium standar (RON 88), meskipun tidak setinggi Pertamax.

Ini dapat mengurangi risiko knocking atau detak mesin yang tidak diinginkan pada mesin dengan kompresi sedang.

2. Harga yang Lebih Terjangkau

Dibandingkan dengan Pertamax, Pertalite biasanya memiliki harga yang lebih rendah.

Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang lebih ekonomis bagi pengemudi yang mencari kualitas sedikit lebih baik daripada Premium tetapi tidak ingin mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi.

3. Performa yang Memadai

Meskipun tidak sekuat Pertamax, Pertalite masih memberikan performa yang memadai untuk sebagian besar kendaraan sehari-hari. Ini termasuk akselerasi yang baik dan respons mesin yang layak.

BACA JUGA:Crosser Binaan Astra Honda Raih Poin Perdana di MXGP Lombok: Delvintor Alfarizi Tampil Gemilang

BACA JUGA:5 Slogan Iklan Ini Selalu Dikenal Masyarakat, Apa Saja Produknya?

4. Tersedia di Banyak Pom Bensin

Pertalite tersedia di sebagian besar stasiun pengisian bahan bakar di Indonesia, sehingga mudah diakses oleh pengemudi di berbagai wilayah.

5. Pembersihan Mesin

Halnya Pertamax, Pertalite juga mengandung aditif pembersih mesin yang membantu menjaga kebersihan komponen mesin seperti injektor dan katup.

Ini dapat membantu mempertahankan performa mesin dalam jangka panjang.

- Kelebihan Bahan Bakar Pertamax

1. Oktan Lebih Tinggi

Pertamax memiliki oktan yang lebih tinggi daripada bahan bakar Premium (RON 92-95), yang biasanya dianggap sebagai standar minimum.

Oktan yang lebih tinggi membantu mengurangi risiko knocking atau detak mesin yang tidak terkontrol, terutama pada mesin dengan kompresi tinggi.

2. Performa Mesin Lebih Baik

Dengan oktan yang lebih tinggi, Pertamax dapat meningkatkan performa mesin karena pembakaran menjadi lebih efisien dan stabil.

Ini bisa menghasilkan akselerasi yang lebih baik dan respons yang lebih responsif dari mesin.

BACA JUGA:3 Resep Masakan Nusantara Serba Santan yang Enak dan Lezat Ala Rumahan, Ada Jantung Pisang hingga Labu Siam

BACA JUGA:Berkreasi dengan 4 Resep Masakan Serba Tumisan yang Mudah Dibuat di Rumah

3. Kebersihan Mesin

Bahan bakar Pertamax sering mengandung aditif pembersih mesin yang membantu menjaga kebersihan komponen mesin seperti injektor dan katup.

Ini dapat mengurangi pembentukan deposit yang dapat mengganggu performa mesin.

4. Pilihan Lebih Ramah Lingkungan

Bahan bakar Pertamax dengan kandungan oktan yang lebih tinggi dapat membantu mesin bekerja lebih efisien, yang pada gilirannya dapat mengurangi emisi gas buang dalam beberapa kasus.

5. Stabilitas Harga

Harga bahan bakar Pertamax biasanya lebih stabil daripada Premium, meskipun lebih mahal. Ini bisa menjadi pertimbangan penting bagi pengemudi yang mencari konsistensi dalam biaya bahan bakar.

Penggunaan bahan bakar Pertalite harus disesuaikan dengan rekomendasi produsen kendaraan, meskipun memiliki oktan yang cukup tinggi, namun tidak semua mesin akan dapat memberikan manfaat yang signifikan dari penggunaan Pertalite.

BACA JUGA:MUI Rejang Lebong Ajak Umat Islam Jauhi Judi Online

BACA JUGA:Sering Kali Diabaikan, Kenali 5 Tanda Baterai Smartphone Perlu Diganti

Serta dengan penggunaan bahan bakar Pertamax perlu juga untuk disesuaikan dengan spesifikasi mesin kendaraan, tidak semua mesin akan memerlukan atau memberikan manfaat yang lebih signifikan dari penggunaan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: