HONDA

Kesehatan Terjaga, Konsumsi Buah untuk Menurunkan Berat Badan dan Penyakit Diabetes

Kesehatan Terjaga, Konsumsi Buah untuk Menurunkan Berat Badan dan Penyakit Diabetes

Konsumsi buah untuk menurunkan berat badan dan penyakit diabetes, kesehatan terjaga.--pexels.com

"Meskipun buah-buahan secara alami mengandung gula, buah-buahan tidak mungkin menyebabkan kenaikan berat badan seperti pada makanan lain yang mengandung gula," ungkapnya dikutip antaranews.com, Kamis, 29 Agustus 2024.

"Buah-buahan ini mengandung serat makanan, yang dapat menurunkan kolesterol darah dan meningkatkan rasa kenyang," katanya.

BACA JUGA:7 Tips dan Langkah-Langkah Budidaya Pisang Kepok untuk Hasil Maksimal

BACA JUGA:Shio Macan di Tahun Ular Kayu 2025: Menghadapi Konflik Keluarga dan Cara Menjaga Keharmonisan

Dr. Subrata Das telah mengungkapkan bahwasannya para penderita diabetes juga perlu mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan nutrisi yang penting, seperti vitamin, antioksidan, dan senyawa anti-inflamasi, dan dapat menjadi bagian dari diet yang ramah bagi para penderita diabetes.

"Makanan dengan indeks glikemik (IG) yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya lonjakan gula darah dengan cepat, buah-buahan denganindeks glikemin(IG) yang rendah juga dapat melepaskan gula secara lebih lambat, untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil," katanya.

Dr. Subrata Das telah menyarankan untuk mengonsumsi buah-buahan yakni seperti alpukat, papaya, jeruk, apel, pir, stroberi, ceri dan jambu biji yang memiliki manfaat untuk dapat mengelola diabetes, karena mengandung banyak serat dan memiliki indeks glikemik (IG) yang rendah dan vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan secara menyeluruh.

"Buah naga memiliki kalori yang rendah dan tinggi akan serat, manfaatnya adalah dapat membantu mengelola gula darah dan berat badan," jelasnya.

BACA JUGA:Inovasi 4 Media di Indonesia Ini Bisa Jadi Contoh, Memanfaatkan AI hingga Membangun Mindset Kolaborasi

BACA JUGA:6 Fakta Menarik Tentang Bunga Anggrek, Sebagai Tanaman Epifit

Pir juga bermanfaat, yakni menyediakan serat dan indeks glikemik (IG) yang rendah. Buah ceri juga memiliki kalori yang rendah dan kaya akan antioksidan yang membantu untuk mengendalikan gula dfarah dan mengurangi peradangan.

Buah-buahan seperti semangka, nanas, dan mangga itu memiliki nilai indeks glikemik (IG) yang lebih tinggi dan harus dikonsumsi dalam jumlah yang sedang.

Sebaliknya, dengan buah kiwi dan buah delima memiliki kadar indeks glikemik (IG) yang sedang dan tetap bermanfaat.

Meskipun buah-buahan tersebut baik bagi para penderita diabetes, usahakan untuk mengonsumsinya tanpa tambahan gula. Pilihlah buah yang masih segar dan harus pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan atau dalam porsi besar.

BACA JUGA:IDC 2024: Tugas Media Mencerahkan Peradaban, Media Harus Berdamai dan Beradaptasi dengan AI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: