HONDA

Cara Efektif Atasi Busuk Buah dan Batang Pada Labu Siam, Petani Wajib Tahu!

Cara Efektif Atasi Busuk Buah dan Batang Pada Labu Siam, Petani Wajib Tahu!

Cara Efektif Atasi Busuk Buah dan Batang Pada Labu Siam, Petani Wajib Tahu!--badri/rakyatbengkulu.com

REJANG LEBONG, RAKYATBENGKULU.COMPenyakit busuk buah dan busuk batang pada tanaman Labu Siam kerap menjadi masalah utama bagi petani, terutama saat musim hujan. 

Serangan penyakit ini dapat menurunkan hasil panen secara signifikan, bahkan menyebabkan kerugian besar jika tidak segera diatasi.

Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang efektif untuk mengatasi masalah ini, baik yang disebabkan oleh hama seperti lalat buah maupun jamur yang berkembang saat musim hujan.


Cara Efektif Atasi Busuk Buah dan Batang Pada Labu Siam, Petani Wajib Tahu!--badri/rakyatbengkulu.com

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Rejang Lebong, Ir. Amrul Eby, analisis dini terhadap gejala penyakit sangat penting untuk menentukan langkah penanganan yang tepat. 

BACA JUGA:Waspada! Penyakit Ngorok Mengancam Sapi dan Kerbau, Peternak Rejang Lebong Diminta Siaga

BACA JUGA:Polres Rejang Lebong Gencarkan Patroli Siber, Cegah Isu SARA dan Ujaran Kebencian di Masa Kampanye

"Penyakit busuk pada labu Siam harus diwaspadai. Petani perlu menganalisis apakah disebabkan oleh hama lalat buah atau jamur. Penanganannya berbeda-beda," jelasnya.

Cara Mengatasi Busuk Buah Akibat Lalat Buah

Jika busuk buah pada labu Siam disebabkan oleh lalat buah, penggunaan insektisida berbahan aktif seperti sipermetrin, deltametrin, atau klorpirifos bisa menjadi solusi efektif. 

Penyemprotan harus dilakukan secara teratur, dengan interval setiap 3 hari sekali jika serangan lalat buah sudah meluas.

"Gunakan insektisida sesuai dosis yang tertera pada kemasan, dan lakukan penyemprotan secara merata pada daun serta calon buah. Ini penting untuk memastikan hama dapat dikendalikan secara maksimal," tambahnya.

BACA JUGA:Baru 7 Desa di Rejang Lebong Ajukan Pencairan Dana Insentif Kemenkeu

BACA JUGA:Alokasi Rp2,76 Triliun dari APBN ke APBD Tasikmalaya 2025: Detail Pembagian Dana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: