HONDA

30 Peserta Ikuti Balapan Mobil Pertama Dunia, Kecepatan 24 KM/Jam, Berikut Pabrikan Mobil yang Menang

30 Peserta Ikuti Balapan Mobil Pertama Dunia, Kecepatan 24 KM/Jam, Berikut Pabrikan Mobil yang Menang

Peserta Ikuti Balapan Mobil Pertama Dunia, Kecepatan 24 KM/Jam, Berikut Pabrikan Mobil yang Menang--dok/rb

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Event balapan mobil yang digelar pertama kali di dunia berlangsung di Kota Paris Perancis. Adu cepat mobil dengan 30 peserta tersebut dari Kota Paris menuju Bordeaux dan kembali ke Paris. 

BACA JUGA:Ini ! Balapan Mobil Pertama di Bengkulu, Era Pemerintahan Kolonial Belanda

Kecepatan mobil yang melaju di lintasan Kota Paris Perancis pada masa itu hanya 24 kilomter per jam (KM/jam). Kecepatan mobil tersebut juga dinilai maksimal. Pasalnya, 30 peserta yang bertanding pada even pertama kali didunia tanggal 11 Juni 1895, juga sudah memacu kendaraan mereka secara maksimal. 

BACA JUGA:Balapan Liar Saat Tarawih, Ini Akibatnya, Ditahan Sampai Lebaran

Para pembalap yang jumlahnya 30 peserta menunjukkan kecepatan dan performa masing-masing kendaraan mereka. Alhasil dari 30 peserta yang bertanding Emile Levassor berhasil memimpin kelompok penyelenggara adu cepat mobil di Kota Paris itu. Levassor merupakan salah satu orang yang memiliki toko mesin terbesar di Paris pada 1887. 

BACA JUGA:Idemitsu Blu Cru Yamaha Sunday Race, Ajang Balapan dan Riding Experience

Ketika itu, Levassor bersama dengan seorang temannya Edouard Sarazin, berhasil membuat mobil yang diberi nama Jerman Daimler. Bahkan 4 tahun sebelum event balapan itu, Levassor bersama Edouard pada 1891 sudah memproduksi mobil yang berbeda dari yang sudah ada. Dua orang ini menempatkan mesin mobil berada di depan sasisnya. 

BACA JUGA:Kenapa Sayuran Kangkung Dikatakan Bisa Bikin Ngantuk? Kandungan, Manfaat, dan Bahayanya

Dari 30 peserta yang bertanding di even balap mobil pertama kali dunia di Kota Paris Perancis, mereka mengendarai 23 jenis kendaraan. Di antaranya, Steamer, Peugeot, Panhard, Serpollet dan Bollees. Juga ada beberapa mobil bertenaga listrik lain. 

BACA JUGA:Gaya Hidup Tidak Sehat, Remaja Rentan Terkena Diabetes Tingkat 2, Bisa Menghambat Pertumbuhan

Pada masa event balapan dengan lintasan Paris-Bordeaux-Paris, pemilik kendaraan menyoroti keunggulan Perancis dalam teknologi otomotif ketika itu. Saat balapan Mobil Panhard yang dikendarai oleh Emile Levassor tercatat memimpin jalannya perlombaan. 

BACA JUGA:Yamaha XSR 155: Motor Retro Klasik yang Masih Terjangkau

Diketahui, bahwa mobil Panhard yang dikendarai oleh Emile Levassor memiliki kapasitas mesin 1.205 cc. Saat balapan berlangsung mobil Panhard berhasil menyusul pembalap-pembalap lain. Levassor memimpin balapan dan berhenti di garis finish. Namun pada beberapa titik mobil ini sempat berhenti secara teratur untuk memeriksa dan memastikan komponen mobil semuanya normal.

BACA JUGA:Pemilik Golongan Darah B Punya Empati Tinggi dan Kreatif, Yuk Cari Tahu Karaktermu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: