HONDA

Kodim 0409 Rejang Lebong Bakal Jalankan Program Sapu Bersih di Pasar Atas Curup

Kodim 0409 Rejang Lebong Bakal Jalankan Program Sapu Bersih di Pasar Atas Curup

Kodim 0409 Rejang Lebong Bakal Jalankan Program Sapu Bersih di Pasar Atas Curup--

CURUP, RAKYATBENGKULU.COM - Setidaknya ratusan personil Komando Distrik Militer (Kodim) 0409 Rejang Lebong bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong serta mahasiswa akan turun dan menyapu bersih lingkungan Pasar Atas Curup dari sampah. 

Hal ini dilakukan, untuk menjaga kebersihan dan mengedukasi masyarakat agar membudayakan hidup bersih dan tidak membuang sampah sembarangan. 

Apalagi mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan yang bisa melahirkan penyumbatan drainase sehingga terjadi banjir.

Dandim 0409 Rejang Lebong, Letkol. Inf, M. Renaldy Herbowo,S.Sos.M.si, menuturkan program sapu bersih pasar ini merupakan program TNI AD yang pertama kita lakukan di Kabupaten Rejang Lebong.

BACA JUGA:Tersapu Trawl, Terumbu Karang Hancur, Keanekaragaman Hayati Berkurang

''Besok pagi, sekira setelah apel pagi personil bersama pemerintah daerah, mahasiswa dan elemen masyarakat akan menggelar Jumat Bersih di Pasar Atas Curup,'' ungkap Dandim saat menggelar rapat akhir agenda Jumat Bersih Sapu Pasar Atas Curup, Kamis 7 Desember 2023.

Dikatakan Dandim, kegiatan sapu bersih tersebut Kodim 0409 Rejang Lebong akan menerjunkan sebanyak 100 personel serta akan dibantu oleh pihak terkait seperti Polri, pemerintah daerah khususnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang akan menurunkan sebanyak 100 petugas, UPT Pasar Atas, Satgas Pasar Atas dan pihak Kelurahan Pelabuhan Baru juga mahasiswa dari beberapa universitas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. 

"Membersihkan pasar dari seluruh macam bentuk sampah di seluruh lingkungan pasar mulai dari lapak penjual hingga selokan maupun irigasi. Saat ini sudah memasuki musim penghujan jangan sampai tumpukan sampah menjadi penyakit bagi penjual dan pengunjung pasar, selain itu juga kegiatan ini untuk mengantisipasi terjadinya banjir," papar Dandim.

Setelah sapu bersih di Pasar Atas, tidak menutup kemungkinan kegiatan serupa akan dilanjutkan di seluruh pasar yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. 

BACA JUGA:Pakai Pakaian Hijau di Pantai Selatan, Bisa Tersapu Gelombang Laut, Jasad Sulit Ditemukan

"Jika metode ini berhasil, kita akan menyasar pasar-pasar lain yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. 

Selain membersihkan pasar dari tumpukan sampah kita juga akan melakukan sosialisasi untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat,'' demikian Dandim.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: