HONDA

Sejarah dan Mitos Valentine Day, Menarik untuk Kamu Ketahui, Identik dengan Coklat dan Permen

Sejarah dan Mitos Valentine Day, Menarik untuk Kamu Ketahui, Identik dengan Coklat dan Permen

Sejarah dan Mitos Valentine Day, Menarik untuk Kamu Ketahui, Identik dengan Coklat dan Permen--rakyatbengkulu.disway.id

Kamu tentunya tahu, bahwa pada bulan Februari telah lama dirayakan sebagai bulan romansa, dan Hari St. Valentine, seperti yang dikenal sekarang. 

Dimana perayaan tersebut mengandung sisa-sisa tradisi Kristen dan Romawi kuno. Tetapi siapakah Santo Valentine itu, dan bagaimana dia dikaitkan dengan ritual kuno tersebut?

BACA JUGA:Trend FoMO di Media Sosial, Berikut Pengertian dan Dampaknya, Merasa Takut dan Dicap Ketinggalan Zaman

Gereja Katolik mengakui setidaknya ada tiga orang suci yang bernama Valentine atau Valentinus tersebut dan semuanya menjadi orang yang mati karena membela keyakinannya (martir). 

Dimana ada salah satu legenda yang berpendapat bahwa Valentine adalah seorang pendeta yang mengabdi pada abad ke-3 di Roma.

BACA JUGA:Makanan Favoritnya Ubur-Ubur, Suka Berjemur, Ini Dia 13 Fakta Menarik Tentang Ikan Mola

Ketika Kaisar Claudius II memutuskan bahwa pria lajang menjadi tentara yang lebih baik, daripada mereka yang mempunyai istri dan keluarga.

Dia melarang pernikahan bagi pria muda. Valentine, menyadari ketidakadilan dari keputusan tersebut, kemudian menentang Claudius dan terus melakukan pemberkatan pernikahan untuk kekasihnya secara diam-diam. 

BACA JUGA:Dana Desa Tiap Desa 2024 di Kepulauan Aru, Maluku: 16 Desa 1 Miliar

Namun ketika tindakan Valentine ini diketahui, Claudius lantas memerintahkan supaya ia dihukum mati. Nyatanya beberapa pihak bersihkeras valentine day berlandaskan pada Santo Valentine dari Terni, seorang uskup, yang juga dipenggal oleh Klaudius II di luar Roma. 

Ada cerita lain menunjukkan, bahwa Valentine mungkin telah dibunuh karena berusaha membantu orang Kristen melarikan diri dari penjara Romawi yang sangat kejam, di mana mereka sering dipukuli bahkan sampai disiksa.

BACA JUGA:Keistimewaan Raudhah, Makam Rasulullah Layaknya Berada di Taman Surga Tempat Mustajab Beribadah

Menurut salah satu legenda, Valentine yang dipenjara sebenarnya mengirim ucapan "valentine" untuk pertama kalinya yang ditujukan kepada dirinya sendiri.

Hal ini karena setelah dia jatuh cinta dengan seorang gadis muda (kemungkinan seorang putri sipir penjara) yang mengunjunginya selama ia dalam masa kurungan. 

BACA JUGA:Telat Bayar Tagihan Kredivo, Segera Lakukan Langkah-langkah Berikut Ini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: