HONDA

Wow! Ini 12 Manfaat Buah Pepaya, Mengandung Enzim Papain untuk Memecah Protein

Wow! Ini 12 Manfaat Buah Pepaya, Mengandung Enzim Papain untuk Memecah Protein

Wow! Ini 12 Manfaat Buah Pepaya, Mengandung Enzim Papain untuk Memecah Protein--Ilustrasi/ana mariyohana/bing image creator/rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Pepaya (Carica Papaya L.) berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Selatan bagian utara. Selain rasanya yang manis, pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Buah pepaya mengandung vitamin dan berbagai nutrisi yang membantu tubuh menjalankan tugasnya secara maksimal. Ada 12 manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh. 

Buah pepaya mudah ditemukan ini rasanya manis dan kaya akan gizi. Dari 152 gram pepaya masak mengadung kalori 59 gr dan karbohidrat 15 gram.

BACA JUGA:Final Hasil Pleno KPU Kepahiang: 4 Caleg Ini Raih Kursi DPRD Provinsi

Kemudian ada serat 3 gram, protein 1 gram. Lalu ada Vitamin C, Vitamin A, Folat, kalium.

Kandungan lain dalam buah pepaya seperti kalsium, magnesium, vitamin B dan vitamin K. Pepaya juga mengandung antioksidan yang disebut karotenoid, salah satunya adalah likopen. 

Buah ini juga mengandung enzim papain. Dimana papain ini dapat memecah protein dengan cepat. Selain itu ada juga enzim protease yang dapat menghidrolisis protein menjadi unsur yang lebih sederhana.

BACA JUGA:5 Model Lemari Pakaian Minimalis Modern Terbaru, Awet dan Tahan Lama

Pada bagian lain, ternyata enzim papain dimanfaatkan untuk berbagai bidang. Diantaranya menjadi bahan baku pembersih bir, pelunak daging, industri penyamakan kulit, industri farmasi dan kosmetika. 

 

1. Memperlancar pencernaan

Pepaya mengandung enzim papain, chymopapain, karikin dan glisilendopeptidase dapat membantu proses pencernaan. Kadar enzim papain paling tinggi terjadi pada saat buah pepaya sudah matang. 

Enzim ini mampu mencerna protein yang masuk ke dalam tubuh san mengonsumsi pepaya mampu mengurangi sembelit dan perut kembung dalam waktu 40 hari.

BACA JUGA:34 Manfaat Baik Buah Delima untuk Kesehatan Tubuhmu, Salah Satunya Mengurangi Risiko Stroke

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: