HONDA

Mengandung Kalsium dan Fosfor, Buah Cupa-Cupa Sejenis Sawo, Tapi Rasanya Antara Mangga dan Melon

Mengandung Kalsium dan Fosfor, Buah Cupa-Cupa Sejenis Sawo, Tapi Rasanya Antara Mangga dan Melon

Mengandung Kalsium dan Fosfor, Buah Cupa-Cupa Sejenis Sawo, Tapi Rasanya Antara Mangga dan Melon --Tokopedia.Com/galuhembunpagi//

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Belakangan ini beberapa TikToker mengangkat konten tentang buah peruvian sapote atau dikenal juga dengan buah mamey Peru atau buah cupa-cupa dengan nama latin Quararibea cordata. 

Buah cupa-cupa ini tergolong unik, sebab merupakan jenis sawo. Tapi rasanya justru antara mangga dan melon. Kulit buahnya berwarna cokelat dan daging buahnya kuning jingga. 

Sebenarnya buah cupa-cupa ini berasal dari kaki Pegunungan Andes, Amerika Serikat. Tanaman ini tidak dibudidayakan secara luas. 

BACA JUGA:Jelang Ramadhan 2024 Pemerintah Provinsi Bengkulu Pastikan Stok BBM Aman Terkendali

Buah cupa cupa mengandung kalsium dan fosfor yang bisa mencegah rematik, osteoporosis dan asam urat. Juga ada kandungan ribovlafin yang bermanfaat untuk meningkatkan antioksidan mencegah bau mulut. 

Mineral lain yang terkandung dalam buah cupa-cupa adalah zat besi, yang sangat bermanfaat guna mengatasi anemia dan melancarkan sirkulasi darah.                      

Walaupun berasal dari Amerika Serikat, namun pohon buah cupa-cupa bisa hidup dan berbuah di Indonesia. Hanya saja kualitas rasanya bervariasi.

BACA JUGA:Simak, Ini Cara Aktifasi KTP Digital di HP, Inovasi Baru Administrasi Kependudukan

Ada beberapa pohon menghasilkan buah yang hambar atau berserat, tapi ada yang rasanya manis setelah melalui beberapa upaya. Kamu bisa mengonsumsi langsung buah cupa-cupa ini atau dibuat menjadi jus. 

Biasanya pohon cupa-cupa tumbuh di tanah basah dan dalam. Tapi hati-hati dengan banjir, sebab bisa menyebabkan pohonnya mati. 

 

Ciri-Ciri Buah Cupa-cupa

Penampakan buah cupa-cupa bagian kulitnya berwarna cokelat keruh, pada bagian atasnya terdapat cuping.

BACA JUGA:Lowongan Kerja PT. Pegadaian untuk Lulusan D3, D4, S1 yang Buka di Bulan Maret 2024, Cek Segera!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"