BANNER KPU
HONDA

Wow! Ternyata Ini 5 Manfaat Baik Tanaman Liar untuk Kesehatan, Bukan Hanya Sebagai Gulma

Wow! Ternyata Ini 5 Manfaat Baik Tanaman Liar untuk Kesehatan, Bukan Hanya Sebagai Gulma

Wow! Ternyata Ini 5 Manfaat Baik Tanaman Liar untuk Kesehatan, Bukan Hanya Sebagai Gulma--Youtube/kata dokter

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - 5 manfaat baik tanaman liar untuk kesehatan menilai tanaman itu dianggap bukan hanya sebagai gulma atau tanaman yang mengganggu pertumbuhan tanaman lainnya.

Namun ada juga loh sebagian dari tanaman ini yang memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan kita.

Mari cari tahu selengkapnya, bisa dilihat dalam artikel ini dikutip dari kanal YouTube kata dokter, yakni:

1. Meniran atau phyllanthus urinaria 

Meniran adalah salah satu jenis tanaman yang tumbuh liar di pekarangan rumah atau tanah yang lapang, tanaman ini dianggap memiliki manfaat untuk kesehatan.

Meniran merupakan tanaman liar yang banyak terdapat di pekarangan dimana tanaman ini kaya akan kandungan antioksidan, fungsinya yaitu sebagai immunomodulator artinya dia dapat memodulasi sistem imun.

BACA JUGA:Besok Gubernur Rohidin Shalat Idul Adha di Bengkulu Tengah, Pantau Langsung Pemotongan Sapi Kurban Presiden

Sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh pada saat tubuh kita sedang memerlukan atau saat tubuh kita sedang daya tahan tubuhnya lemah, menggunakan tanaman meniran ini dengan cara direbus.

Sebanyak 30 gram tanaman meniran segar, kemudian kita rebus dengan dua gelas air hingga segelas dapat dikonsumsi sehari dua kali, begitu penggunaan meniran.

Jangan lupa ada kontraindikasinya juga yaitu tidak disarankan pada ibu hamil, meniran tidak boleh digunakan kepada ibu hamil muda karena dapat menimbulkan efek abortivum atau gagal janin.

2. Daun Antanan atau Peganggan 

Tanaman ini memiliki nama Latin centella-asiatica yang biasa tumbuh di perkebunan, di ladang, di tepi jalan serta di pematang sawah. Sejak zaman dahulu nenek moyang kita telah memanfaatkan tanaman ini.

BACA JUGA:Apa Hukumnya Memberikan Kepala Hewan Kurban kepada Tukang Potong? Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Untuk melancarkan peredaran darah, daun antanan atau Pegagan itu merupakan tanaman yang berasal dari Asia biasanya tanaman ini digunakan di pengobatan tradisional India.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: