HONDA

Wow! Ternyata Ini 5 Manfaat Baik Tanaman Liar untuk Kesehatan, Bukan Hanya Sebagai Gulma

Wow! Ternyata Ini 5 Manfaat Baik Tanaman Liar untuk Kesehatan, Bukan Hanya Sebagai Gulma

Wow! Ternyata Ini 5 Manfaat Baik Tanaman Liar untuk Kesehatan, Bukan Hanya Sebagai Gulma--Youtube/kata dokter

Tanaman antanan memiliki nama ilmiah centella-asiatica, dimana tanaman ini berasal dari Asia Tenggara. Tanaman ini biasa dimanfaatkan pada pengobatan tradisional Cina dan juga India.

Bahan pengobatan ini juga digunakan untuk bahan pangan fungsional menambah kecerdasan pada anak, biasanya digunakan sebagai bubur.

Manfaat yang pertama untuk kesehatan syaraf seperti alzheimer atau pikun. Kemudian digunakan untuk meningkatkan kecerdasan otak pada anak dibawah umur dan juga untuk sebagai mengatasi insomnia.

BACA JUGA:Pengalaman Haji Raffi Ahmad Dikira Calo oleh Askar, Ini Ceritanya

Pegagan merupakan herbal adaptogen, herbal yang membantu tubuh kita untuk mengadaptasi terhadap stres.

Untuk konsumsi dari Pegagan ini yaitu dapat dikonsumsi secara langsung atau lalapan.

Bisa juga digunakan sebagai teh, misalnya untuk pembuatan teh itu kita mengambil sekitar 7 gram Pegagan kemudian kita rebus dengan dua gelas air hingga air itu separuhnya, selama 15 menit dengan api kecil, dapat dikonsumsi sehari dua kali.

Kemudian selama dua minggu kita stop dahulu dijeda penggunaannya, baru dua minggu kemudian digunakan kembali Pegagan dan selain dimanfaatkan dalam bentuk bahan alam juga terdapat dalam bentuk ekstrak.

Untuk kontra indikasi pada pasien-pasien penderita penyakit jantung baiknya tidak mengkonsumsi pegagan ini, khawatirnya dengan mengkonsumsi ini dapat meningkatkan resiko perdarahan.

BACA JUGA:Selalu Waspada! Ini 6 Jenis Modus Penipuan Online yang Marak Terjadi

3. Tanaman Alang-alang 

Tanaman alang-alang memiliki daun yang tajam dan tumbuh memanjang keatas, tanaman ini kerapkali menjadi gulma di lahan pertanian. Tapi apakah punya khasiat sebagai tanaman obat?

Alang-alang itu merupakan sejenis rumput-rumputan yang biasa kita jumpai. Sebetulnya alang-alang ini memiliki zat aktif berupa tanin kemudian juga flavonoid sebagai antibakteri, juga dia juga dapat berfungsi sebagai diuretik.

Dimana uretik ini artinya memperlancar saluran kencing sehingga dapat digunakan untuk mengatasi hipertensi atau mengontrol mencegah terbentuknya asam urat.

Mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal, biasanya itu digunakan dengan cara direbus. Sekitar 30-60 gram alang-alang direbus dengan 2 gelas hingga setengahnya kemudian dapat dikonsumsi sehari 2-3 gelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: