BANNER KPU
HONDA

Jangan Dianggap Sepele, 5 Jenis Makanan Ini Dapat Merusak Gigi

Jangan  Dianggap Sepele, 5 Jenis Makanan Ini Dapat Merusak Gigi

Jangan Dianggap Sepele, 5 Jenis Makanan Ini Dapat Merusak Gigi--Instagram.com/ diajengdesiana

Makanan yang lengket, seperti permen, karamel, atau kue yang mengandung gula, tentu saja bisa menyebabkan penumpukan plak yang akan meningkatkan risiko terjadinya kerusakan gigi, seperti gigi berlubang atau sensitivitas.

Selain itu, bakteri yang ada pada mulut akan memakan gula yang terperangkap didalam makanan yang lengket dan menghasilkan asam, yang dapat melarutkan enamel pada gigi dan akan menyebabkan kerusakan.

BACA JUGA:Mengungkap Khasiat Bunga Pepaya bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Termasuk Cara Mengolahnya

BACA JUGA:Rumput Krokot, Tanaman Liar yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Kebiasaan mengonsumsi makanan lengket tanpa menyikat gigi secara teratur dapat memperburuk masalah gigi.

Oleh karena itu, penting untuk menghindari makanan lengket sebisa mungkin atau membersihkan gigi setelah mengonsumsinya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

5. Es Batu 

Es batu juga dapat merusak gigi karena suhu yang sangat dingin dan ekstrem tentu dapat membuat enamel pada gigi menjadi rapuh dan juga rentan retak.

Pada saat es batu dimasukkan ke dalam mulut, maka perubahan suhu akan secara tiba-tiba tentu dapat menyebabkan kontraksi dan ekspansi pada gigi, yang akan dapat memicu keretakan. 

Selain itu, mengunyah es batu secara langsung dapat menimbulkan tekanan pada gigi yang dapat merusak struktur gigi, kebiasaan mengunyah es batu secara teratur juga dapat mengikis enamel gigi dan meningkatkan risiko terjadinya kerusakan gigi.

Hal ini bisa menyebabkan sensitivitas gigi, kerusakan permanen pada enamel, serta memperburuk masalah gigi seperti retakan dan karies.

Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari mengunyah es batu secara langsung untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: