HONDA

Hoaks Meningkat Pada Pemilu 2024, Mafindo: Awas Berulang di Pilkada!

Hoaks Meningkat Pada Pemilu 2024, Mafindo: Awas Berulang di Pilkada!

Ketua Presidium Mafindo, Septiaji Eko Nugroho mengatakan, hoaks meningkat pada Pemilu 2024 dan mengingatkan bisa berulang di Pilkada.--dokumen/rakyatbengkulu.com

- Diwaspadai pula konten hoaks yang menggunakan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan karena mudah membikinnya.

Untuk memitigasi dampak hoaks menjelang Pilkada 2024, penting untuk memperkuat upaya edukasi publik mengenai literasi media, sikap kritis dan skeptis saat menerima informasi.

BACA JUGA:6 Tips Ampuh untuk Memanen Durian Musang King yang Sempurna

BACA JUGA:7 Tips Merawat Buah Durian Musang King yang Benar agar Hasilkan Rasa dan Kualitas Terbaik

Lalu, meningkatkan transparansi dan komunikasi oleh pihak penyelenggara pemilu, serta memanfaatkan teknologi untuk deteksi dan penanganan hoaks secara real-time.

Strategi khusus untuk menghadapi disinformasi berbasis AI dan adaptasi tindakan pencegahan sesuai dengan tahapan pemilu sangat diperlukan.

Selain itu, kolaborasi antara platform media sosial, pemerintah, dan masyarakat sipil akan menjadi kunci dalam menjaga integritas pemilu dan melindungi demokrasi.

Ketua Presidium Mafindo, Septiaji Eko Nugroho, menekankan pentingnya keterlibatan semua pihak dalam menghadapi tantangan disinformasi di tahun politik ini.

BACA JUGA:9 Tips Ampuh Merawat Bunga Durian Musang King agar Berbuah Lebat

BACA JUGA:Kasus Aksi Teror Sekeluarga di Bogor, Kepala Keluarga Meninggal Dunia di dalam Mobil

Ia mengingatkan pengalaman Pilpres 2019 dan Pilgub DKI 2017 menunjukkan bagaimana politisasi isu SARA dapat memicu polarisasi ekstrem, bahkan sampai pada kasus diskriminasi jenazah pendukung kandidat.

“Hoaks bukan hanya ancaman bagi individu, tetapi juga bagi stabilitas sosial dan proses demokrasi secara keseluruhan. Kami mengajak semua pihak untuk bersama-sama memerangi penyebaran hoaks,” ujar Septiaji.

Data hasil pemantauan hoaks pada semester I 2024 menunjukkan bahwa:

- Angka temuan hoaks mencapai 2.119, hampir mendekati total temuan sepanjang tahun 2023.

- Hoaks bertema politik menyumbang hampir setengah dari keseluruhan hoaks yang beredar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: