BANNER KPU
HONDA

Gelang Kapuru Suku Baduy untuk Penolak Balak, Bagus Dipakaikan pada Wanita Hamil

Gelang Kapuru Suku Baduy untuk Penolak Balak, Bagus Dipakaikan pada Wanita Hamil

Gelang Kapuru Suku Baduy untuk Penolak Balak, Bagus Dipakaikan pada Wanita Hamil--Tiktok/Apt.ego

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Wanita suku Baduy merupakan aset dari suku Baduy yang tentunya harus mereka jaga dari apapun termasuk untuk wanita yang sedang mengandung.

Gelang Kapuru salah satu media yang digunakan untuk penolak balak, bagus digunakan untuk wanita hamil apalagi gelang kapuru sendiri memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Hal ini lantaran pada saat Nikita Mirzani melihat gelang yang digunakan oleh Sarti ketika berkunjung ke suku Baduy Luar dia menggunakan Kapuru gelang magic yang berasal dari suku baduy.

Gelang ini bukan sembarang gelang yang dijual sebagai oleh-oleh, ini merupakan gelang yang memiliki daya magic yang luar biasa karena berisi jampi-jampian untuk penjaga wanita suku Baduy.

BACA JUGA:Ramalan Shio Kerbau Tahun 2025: Hindari Hal Ini di Tahun Ular Kayu!

Kapuru sendiri tidak sembarangan wanita yang bisa menggunakannya hanya khusus untuk wanita Baduy saja dan itu merupakan benang yang berasal dari kapas yang dipintal layaknya gelang.

Kemudian gelang kapuru ini diberikan matra jampi oleh ketua adat mereka sehingga dapat menjaga para wanita dari pengaruh buruk dan bagus untuk kesehatan para penggunanya serta menjadi penolak balak.

Hal ini juga diungkapkan oleh Sarti ketika di kanal youtube milik Nikita Mirzani, jika orang tersebut sedang sakit maka dengan menggunakan Kapuru maka orang tersebut dapat sehat kembali.

Sistem kehidupan mereka sangat kembali kepada alam mereka sehingga apa yang menjadi kesulitan mereka dikembalikannya kepada alam salah satunya dalam bentuk gelang Kapuru ini.

BACA JUGA:8 Fakta Suku Baduy yang Tak Diketahui Orang Luar, Salah Satunya Perihal Jodoh

Salah satunya dikutip dalam website jurnalpoltekkes.maluku disebutkan dalam sebuah jurnal bahwa wanita hamil akan diberikan gelang kapuru ini oleh ketua adat atau Puun yang melakukan jampi selama 3 hari.

Puun akan melakukan berbagai doa dan ritual untuk menjampi gelang Kapuru tersebut selama 3 hari hal tersebut dilakukan untuk menjaga wanita hamil dari pengaruh roh dan dari marabahaya.

Maka dari itu gelang kapuru memiliki keistimewaan yang luar biasa dalam penolak balak suku Baduy karena ketua adat langsung mendoakan dan menjampinya hingga 3 hari.

Sehingga biasanya para wanita baik itu masih gadis ataupun wanita hamil selalu menggunakan gelang kapuru ini untuk menjaga mereka dengan menggunakannya ditangan kiri mereka.

BACA JUGA:Nikita Mirzani Ingin Tahu Kehidupan Masyarakat Baduy, Pernikahan di Sini Digelar 2 Hari 2 Malam

Untuk wanita hamil gelang kapuru ini diikatkan ke pergelangan tangan kiri calon ibu tersebut ketika usia kehamilannya menginjak umur 4 bulan dimana mereka kebanyakan menikah di usia 15 tahun.

Wanita yang berusia 15 tahun dikaitkan dengan kedewasaan sehingga mereka sudah boleh melakukan berbagai upaya untuk melakukan pernikahan pada usia tersebut dikatakan sudah matang.

Pada usia 7 bulan maka wanita hamil tersebut akan mendapatkan jimat lain yang diikatkan ke pinggang mereka yang dinamakan tradisi kendit, nanti Puun membawa seupeheun.

Seupeheun berisikan daun sirih, gambir dan apu dan juga kanteh hideung atau gelang kain bewarna hitam yang sudah didoakan oleh Puun untuk menjaga janin dan ibunya dari gangguan balak.

BACA JUGA:Mengenal Adat Suku Baduy, Nikita Mirzani Sempat Mau Cari Dukun

Tentunya hal tersebut untuk menjaga keturunan suku baduy dari hal-hal yang tidak diinginkan maka dari itu wanita hamil harus menggunakannya selama 3 hari 3 malam untuk kanteh hideung.

Hal ini bertujuan untuk menjaga ibu dan janin dari gangguan roh. Selain itu juga berguna sekali untuk persalinan menjadi lancar dengan menggunakan adat tradisi tersebut.

Namun mereka sangat mempercayai paraji atau dukun beranak khusus daerah suku Baduy mereka dapat melakukan persalinan di dalam rumah atau menggunakan jasa paraji.

Jika membahayakan wanita hamil dalam persalinan maka mereka tidak menutup diri dari rumah sakit untuk menyelamatkan keturunan dari keluarga suku Baduy tersebut.

BACA JUGA:Terkenal Akan Kecantikannya! Ini Rahasia Cantik Alami Ala Wanita Suku Baduy

Namun, gelang Kapuru itu memiliki manfaat baik bagi wanita suku Baduy untuk sebagai tolak balak dan juga untuk menjaga kesehatan mereka yang dilestarikan hingga saat ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: