baner atas dalam artikel  2023

Kini, Obat ODGJ Bisa Diperoleh di Puskesmas

Kini, Obat ODGJ Bisa Diperoleh di Puskesmas

Petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma saat memperlihatkan sejumlah obat bagi penderita gangguan jiwa yang akan disalurkan ke Puskesmas yang ada di Kabupaten Seluma.--ist/rakyatbengkulu.com

SELUMA, rakyatbengkulu.com - Pemerintah Kabupaten Seluma melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) telah menyediakan puluhan tablet obat diperuntukkan kepada masyarakat Kabupaten Seluma yang mengalami gangguan kejiwaan.

Nantinya obat ini akan disebarkan ke 22 Puskesmas se Kabupaten Seluma.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma, Rudi Syawaludin, S.Sos melalui Kasi P2PTM Dinkes Seluma, Zakia.

Dengan adanya ketersediaan obat tersebut, pasien yang mempunyai riwayat penyakit jiwa diharapkan dapat berkurang intensitas kambuhnya penyakit tersebut tersebut.

BACA JUGA:Sia-sia, Obat Kedaluwarsa Senilai Rp1,3 M Dimusnakan Dinkes Bengkulu Selatan

BACA JUGA:Kemenkes Perbolehkan 12 Jenis Obat untuk Tenaga Kesehatan

Dengan cara mengkonsumsi obat secara rutin.

“Dengan banyaknya stok dan terse- bar di Puskesmas, masyarakat yang mempunyai riwayat penyakit jiwa akan lebih mudah mendapatkan obatnya,” ucapnya.

Untuk diketahui, masyarakat Seluma ataupun pasien yang punya riwayat penyakit jiwa bisa mendapatkan obat tersebut secara gratis.

Cukup dengan menggunakan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

BACA JUGA:Perjuangan Pemekaran Bumi Pekal Jalan Terus, 6 Kecamatan sudah Siap, Apa Saja?BACA JUGA:TPA Air Sebakul Bengkulu, Tutup, Buka Lalu Tutup Lagi

“Masyarakat tidak perlu khawatir dengan harga, karena obat ini bisa didapatkan dengan bantuan BPJS,” ujarnya.

Adapun jenis obat-obatan itu, Amitriptilin 25 mg, Diazepam Injeksi, Diazempam 5 mg, Haloperidol Injeksi, Haloperidol 5 mg, Haloperidol Decanoat Injeksi, Klozapine 25 mg, Risperidon tablet 2 mg, Triheksifenidil tablet 2 mg dan Trifluoperazine 5 mg. (zzz)

Sumber: